SYL: Investor Tak Boleh Bawa TKA!

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Iin Nurfahraeni)
penulis : Iin Nurfahraeni

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, H Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengingatkan para investor yang akan mengembangkan usaha di Sulsel, agar tidak membawa Tenaga Kerja Asing (TKA).

“Kalau mau masuk di sini (Sulsel, red), ikuti aturan yang berlaku. Saya sangat ketat dalam pemberian izin,” tegas SYL kepada inipasti.com, Selasa (10/1/2017)

Ia mengatakan, kalau mau uang banyak masuk ke Sulsel, bisa saja bagi Pemprov. Tapi kalau dilakukan dengan menabrak aturan, SYL menegaskan, dirinya tidak menginginkan hal tersebut.

“Lebih baik proyek tersebut dibangun secara perlahan (tapi oleh tenaga kerja sendiri), daripada tenaga kerja asing banyak masuk. Dulu pernah terjadi, sekitar satu atau dua tahun lalu, tapi sekarang ini tidak,” ujarnya.

Mengenai TKA ilegal, SYL menjelaskan bahwa saat ini jumlahnya masih dalam kontrol dan terkendali. Dalam waktu dekat, kata Gubernur Sulsel dua periode ini, dirinya akan memanggil pihak imigrasi, Kanwil Kemenkumham, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk membahas persoalan TKA ilegal tersebut

“Saya akan panggil pihak terkait lainnya untuk membahas ini secara bersama. Termasuk Kapolda Sulsel dan Pangdam VII Wirabuana,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulsel, Muhammad Yamin, menyebutkan bahwa dalam pemberian izin kerja untuk para TKA, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Yamin menjenlaskan, izin TKA yang boleh bekerja di Sulsel secara khusus hanya diperuntukkan untuk tenaga ahli. Di luar itu tidak akan diberikan.

“Izin juga diberikan sesuai dengan rekomendasi dari pemerintah pusat. Mereka (TKA) yang tidak memenuhi syarat, izinnya tidak diberikan,” kata Yamin kepada inipasti.com, beberapa waktu lalu.

Dikatakan bahwa perusahaan atau investor ingin membawa tenaga kerja dari luar, hanya boleh yang memiliki keahlian. “Jika umum, di sini juga ada,” ujarnya.

NO COMMENTS