Site icon Inipasti

100 Fakta Syahrul Yasin Limpo #100FaktaSYL (1/10)

Syahrul Yasin Limpo Fakta
100 Fakta Tentang Syahrul Yasin Limpo

Sebagai Gubernur Sulawesi Selatan yang menjabat 2 periode, Syahrul Yasin Limpo memiliki segudang prestasi nyata dalam membangun dan memajukan Sulawesi Selatan.

Apa saja prestasi dan fakta menarik seputar Syahrul Yasin Limpo? Yuk kita lihat #100FaktaSYL

 

1. Membangun Kereta Api Trans Sulawesi

Untuk menjangkau daerah-daerah penting di Sulawesi, SYL membangun Jalur Kereta Api Trans Sulawesi dengan panjang kurang lebih 143 kilometer.

Jalur ini terbentang dari Kota Makassar hingga Kota Pare-pare dan diharapkan dapat menunjang kehidupan di Sulawesi Selatan.

 

2. Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)

SYL berhasil menjadikan Provinsi Sulawesi Selatan menjadi yang pertama memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Asia Tenggara

Dengan PLTB, Sulawesi Selatan menunjukkan pembangunan yang selaras dengan potensi alam. Karena, di lokasi PLTB, angin yang bertiup dapat mencapai hingga 7 meter per detik dan menggerakkan baling-baling yang terpasang di setiap turbin untuk membantu banyak kebutuhan listrik di Sulawesi Selatan.

 

3. Membangun Jalan Layang Maros – Bone dan Underpass Simpang Sayang

Selain untuk keperluan logistik, Jalan Layang Maros – Bone juga menjadi akses ke daerah Taman Nasional Bantimurung.

Syahrul Yasin Limpo berharap dengan proyek ini dapat meningkatkan keamanan pengendara dan membantu kehidupan Sulawesi Selatan.

 

4. Membangun 4 Bendungan Untuk Pertanian Sulawesi Selatan

Untuk meningkatkan pertanian di Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo membangun empat bendungan besar yang direncanakan dapat memenuhi kebutuhan air di sektor pertanian.

Secara total, empat bendungan ini diperkirakan dapat mengairi lahan seluas 20 ribu hektare.

 

5. Membangun Kawasan Pasir Putih CPI

Dengan ide awal untuk memperpanjang Pantai Losari menjadi 5 kilometer, Syahrul Yasin Limpo ingin mengakomodir sarana dan prasarana ruang publik dan membangun daya tarik baru di Makassar.

Hasil Kerja Nyata Syahrul Yasin Limpo

6. Pendidikan Gratis Sampai Tingkat SMA

Untuk Syahrul Yasin Limpo, pendidikan bukanlah program yang sulit diterapkan. Karena, wajib belajar merupakan hak dasar rakyat yang diatur dalam amanat UUD 45.

“Jika mau maju, pendidikan harus dibenahi untuk menghasilkan generasi berkualitas – Syahrul Yasin Limpo”

 

7. Gratis SPP Mahasiswa Baru

Diluncurkan pada 2013, Program Gratis SPP Mahasiswa Baru menjadi terobosan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menjawab kesulitan masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Syahrul Yasin Limpo ingin semakin banyak masyarakat yang mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

 

8. Gratis Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Terpilih Untuk Sekolah Kejuruan Khusus

Untuk meningkatkan pembangunan, Syahrul Yasin Lubis memfokuskan sekolah Kejuruan Khusus seperti sekolah penerbangan, pramugari, SMK pertanian, perkebunan, dan perikanan.

9. Beasiswa S2 dan S3

Pemberian Beasiswa S2 dan S3 khusunya yang ke luar negeri dimaksudkan untuk menciptakan lulusan yang mampu menjadi pioner utama dalam membangun Indonesia. Terutama, Sulawesi Selatan.

10. Gratis Peningkatan Kualitas Tenaga Pengajar Melalui Boarding School

Selain meningkatkan mutu masyarakat, Syahrul Yasin Limpo juga ingin meningkatkan mutu dan kualitas dari para tenaga pengajar Sulawesi Selatan.

Dengan tenaga pengajar berkualitas, mutu pendidikan di Sulawesi Selatan tentu akan meningkat.

Selanjutnya, Syahrul Yasin Limpo akan melanjutkan pembangunan Indonesia dengan mengincar kursi DPR RI pada pemilu 2019, melalui Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 2 yang meliputi Bone, Soppeng, Wajo, Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Sinjai, Bulukumba.

Semua dilakukan SYL untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Artikel selanjutnya dapat dilihat di:https://inipasti.com/100-fakta-syahrul-yasin-limpo-100faktasyl-2-10/ #100FaktaSYL lainnya. (1/10)

Exit mobile version