17 Pemekaran Desa di Pasangkayu Tertahan Moratorium dan Perda Penataan Desa

INIPASTI.COM, PASANGKAYU, – Sebanyak 17 Desa yang telah mengajukan pemekaran sejak tahun 2016 lalu belum mempunyai titik terang.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Pasangkayu Muh Hatta, mengatakan, pemerintah daerah masih menunggu keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) soal pencabutan moratorium Daerah Otonom Baru (BOD).

Inline Ad

“Kita masih menunggu keputusan mendagri soal pencabutan moratorium DOB untuk pemakaran,” terang Hatta. Kamis (12/3/2020).

Dikatakanya, memang saat ini banyak menumpuk proposal permintaan pemekaran desa, namun pihaknya masih belum bisa memastikan kapan akan direalisasi. Yang menjadi kendala juga adanya syarat tambahan untuk pemekaran desa, yaitu pemerintah daerah harus memiliki peraturan daerah (Perda) tentang penataan desa.

Baca Juga:  Bupati Pasangkayu Ajak Warganya Kembali dari Pengungsian

“Ini juga menjadi kendala kita untuk memekarkan desa karena daerah pasangkayu belum mempunyai Perda Penataan Desa ini,” imbuhnya.

Dengan adanya syarat tambahan ini, kita telah mengusulkan pembuatan Perda Penataan Desa kepada pemerintah.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi perda ini, sambil menunggu moratorium dicabut, agar ke 17 desa ini bisa dimekarkan,” pintanya. [Wan]

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.