20 Alasan Jangan Lewatkan Konsumsi Mangga Setiap Hari, Jangan Sampai Nyesal Loh!

INIPASTI.COM, INFO SEHAT – Artikel yang sangat menarik berikut ini diterjemahkan dari laman myhealthreads.com untuk pembaca inipasti.com, untuk menemani waktu jeda di sela kesibukan Anda, tentang manfaat buah mangga, semoga bermanfaat.

Mangga memang dikenal sebagai raja buah-buahan dengan alasan yang wajar. Buah tropis ini tidak hanya super lezat tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Ia kaya akan vitamin, antioksidan dan mineral, dan hal terbaik adalah karena mangga tersedia sepanjang tahun. Mangga berasal dari India, mereka mengolahnya lebih dari 4.000 tahun yang lalu. Sekarang sudah menjadi buah nasional India dan Pakistan, dan pohon nasional Bangladesh. Mari kita lihat mengapa mangga memiliki gelar bergengsi tersebut.

Inline Ad
  1. Mencegah Kanker

Kanker menjadi penyakit yang tersebar luas, sering disebut sebagai epidemi di zaman kita. Itu sebabnya kita perlu mengetahui apa saja yang ada di sekitar kita yang dapat kita gunakan untuk melawan kanker, dan mangga tampaknya menjadi pilihan yang sangat baik. Buah ini mengandung serat makanan khusus yang disebut pectin dalam kadar tinggi. Pectin pertama kali diamati sebagai zat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah.
Menurut penelitian terbaru, pektin juga mampu mencegah perkembangan sel kanker. Penjelasan ilmiah adalah bahwa senyawa dalam pektin dapat dikaitkan dengan galektin3, protein yang ditemukan dalam sel kanker. Para ilmuwan mengamati bahwa zat itu dapat berkontribusi untuk menurunkan risiko kanker payudara, kanker prostat dan kanker saluran pencernaan.

  1. Mendukung Penambahan Berat Badan

Banyak artikel tentang penurunan berat badan, tetapi ada orang di luar sana yang perlu menambah berat badan, dengan cara yang sehat dan seimbang. Bagi mereka, makan mangga adalah salah satu cara termudah untuk mencapai tujuan mereka. Mangga dapat dikategorikan sebagai buah yang agak manis, mengandung jumlah gula yang bagus, yang dapat dikonsumsi dengan mudah oleh tubuh kita. Mangga juga mengandung pati yang diubah menjadi gula selama pencernaan. Bahan bioaktif mangga seperti aldehida, terpen, dan ester berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan.

Alternatif yang enak bisa berupa milkshake mangga, yang memberikan kandungan nutrisi lebih luas, dan jika kita menyelipkan segenggam kacang di dalamnya, hasilnya akan menjadi shake yang lengkap, sehat, dan lezat.

  1. Menyembuhkan Anemia

Mangga secara mengejutkan mengandung zat besi tingkat tinggi dalam bentuk alami, yang dapat bermanfaat bagi orang yang menderita anemia, dengan meningkatkan jumlah sel darah merah tubuh kita. Kuncinya adalah harus mengkonsumsi mangga secara teratur, karena penyimpanan zat besi tubuh kita bisa kosong dari waktu ke waktu.

Di Cina, ada obat herbal khusus, tonik yang terbuat dari mangga, yang disebut yin tonik. Tonik itu digunakan tidak hanya untuk mengobati anemia tetapi juga untuk batuk, pendarahan gusi, mabuk laut, demam, dan banyak penyakit lainnya.

  1. Berguna dalam Kehamilan

Banyak wanita perlu minum tablet zat besi saat mengandung dan dokter sering meresepkan suplemen buatan. Namun, mangga sebenarnya merupakan alternatif alami yang mengandung vitamin C dosis tinggi, juga, yang membantu zat besi untuk diserap.

Manfaat lain dari makan mangga selama kehamilan adalah bahwa indra perasa kadang-kadang kehilangan kepekaan mereka dalam periode ini, dan rasa mangga yang segar dan berair akan membawa sukacita kembali di bulan-bulan kehamilan yang sulit itu. 

  1. Menyembuhkan Jerawat

Mangga cukup baik untuk menyehatkan tubuh bagian dalam dan bagian luar. Buah ini mengambil tempat yang semakin populer di industri kecantikan. Produsen produk perawatan kulit menggunakan mangga dalam kosmetik mereka untuk efek memberikan warna kulit yang lebih terang dan cahaya yang sehat untuk wajah kita.

Mangga juga membantu kita memerangi jerawat. Buah itu mampu membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Pori-pori tidak hanya akan dibersihkan tetapi juga perkembangan jerawat pada akhirnya akan berhenti. Anda bahkan tidak perlu membeli produk mahal untuk ini, cukup kupas mangga, dan letakkan ampasnya di kulit Anda setidaknya selama 10 menit, sebelum dibilas.

  1. Menunda Proses Penuaan

Mangga kaya akan vitamin A dan C. Kedua vitamin ini adalah kunci bagi tubuh kita untuk menghasilkan protein kolagen. Kolagen terkenal untuk mempertahankan tampilan muda dan memperlambat proses penuaan alami dengan melindungi jaringan ikat dan pembuluh darah tubuh.

Banyak krim wajah dan serum mengandung kolagen, tetapi yang terbaik adalah selalu memberikan nutrisi dari dalam. Dan jika nutrisi itu juga rasanya enak, maka makanan anti penuaan itupun jadi sempurna.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Mangga mengandung banyak vitamin B6, yang sangat penting untuk menjaga otak dan saraf kita. Berkat vitamin ini, neurotransmitter mampu bekerja lebih baik, yang sangat penting dalam menentukan suasana hati kita dan memastikan tidur yang tenang. Ini akan mengarah pada spiral positif: dengan tidur yang cukup dan dengan suasana hati yang baik, Anda akan merasa lebih baik, lebih sehat, dan lebih seimbang. Mangga juga kaya akan asam glutamin, yang membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Mangga memiliki kandungan beta-karoten yang melimpah serta sumber karotenoid. Unsur ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga daya tahan terhadap racun dan bakteri.

Selain itu, tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang juga merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan radiasi.

  1. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang kita ketahui ada kolesterol baik dan jahat dalam tubuh kita. Jika kolesterol jahat menjadi dominan dalam darah kita, arteri dan pembuluh darah lain dapat tersumbat, menyebabkan serangan jantung atau stroke. Mangga juga bisa membantu kita. Banyaknya vitamin C, pektin, dan serat yang terkandung dalam buah yang luar biasa ini, berkontribusi untuk menjaga tingkat kolesterol yang sehat dan untuk mengendalikan tingkat kolesterol jahat.

Ketika peneliti menganalisis efek mangga pada kadar kolesterol, mereka menemukan pasien yang makan mangga memiliki hasil tes darah yang sama dibandingkan mereka yang mendapatkan obat pengontrol kolesterol.

  1. Mengelola Diabetes

Menyembuhkan diabetes dengan buah super manis ini? Bagaimana bisa? Jawabannya sederhana, dengan twist: mari fokus kali ini pada daunnya.

Penelitian terbaru menegaskan bahwa daun mangga dapat menjadi alternatif alami yang bagus dalam menyembuhkan diabetes. Untuk waktu yang lama, mangga dianggap sebagai buah terlarang bagi semua orang yang menderita diabetes, karena tingkat gula yang tinggi. Namun, daunnya bisa melakukan sihir terhadap kadar gula darah penderita diabetes. Dan lagi, Anda tidak perlu membeli suplemen mahal, cukup ambil 10 hingga 15 daun mangga, masukkan ke dalam air hangat dan tutup dengan penutup untuk bermalam. Di pagi hari, saring daun dan minum air dengan perut kosong. Jika Anda melakukan rutin ini secara teratur, hasil positif akan segera terjadi pada tubuh Anda.

  1. Membantu Pencernaan

Pectin, serat makanan yang luar biasa ini dalam mang memiliki efek positif lain pada tubuh kita, selain membantu kanker dan kadar kolesterol tinggi.

Menurut sebuah studi pada 2018, senyawa super bermanfaat ini juga mampu mengatur pencernaan. Bagaimana itu mungkin? Pektin mengandung enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan yang efisien secara alami. Selain itu, makan mangga secara teratur dapat berkontribusi untuk mengembalikan keseimbangan asam-basa tubuh kita.

  1. Menjaga Kesehatan Keseluruhan

Kami telah menyebutkan kandungan vitamin dan nutrisi mangga yang luar biasa sebelumnya, tetapi biarkan dirangkum dalam poin ini, karena makan mangga jelas merupakan dorongan kuat bagi sistem kekebalan tubuh kita dan berkontribusi terhadap kesehatan umum yang sangat baik. Jadi, apa yang ada di dalam buah-buahan yang segar dan berair ini?

Mangga merupakan sumber magnesium yang baik (2% dalam 9 mg) dan kalium (4% dalam 156 mg) dan merupakan obat alami yang bagus untuk tekanan darah tinggi. Daftar vitamin mangga tampaknya tak ada habisnya: mangga kaya akan Vitamin A, Vitamin C, riboflavin, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, tiamin, niasin, asam pantotenat, dan folat. Mangga juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik seperti kalsium, selenium, fosfor, dan zat besi. Mangga juga mengandung antioksidan. Daftarnya, seperti yang Anda lihat, sangat beragam sehingga tidak banyak buah yang bisa melebihi.

  1. Mengurangi Kerusakan Radiasi

Mangga dapat membantu kita jika kita ingin membersihkan tubuh kita dari semua jenis radiasi lingkungan. Di dunia modern kita, kita tidak bisa menghindari tingkat radiasi yang rendah setiap hari. Selain radiasi kosmik bumi kita, kita terpapar radiasi oleh TV, oven microwave, sistem GPS global. Bahkan, monitor bayi kita mengeluarkan tingkat radiasi, belum lagi radiasi yang digunakan dalam pengobatan, seperti x -Rays atau radioterapi.

Jika Anda berencana memiliki minggu detoksifikasi, atau hanya ingin menjaga kesehatan Anda, salah satu pilihan termudah dan terlezat adalah dengan makan mangga setiap hari.

  1. Melindungi Terhadap HIV

Ini adalah poin penting lain yang menyatakan bahwa mangga dapat memainkan peran penting selama perawatan medis, dalam bentuk makanan tambahan. Para peneliti menemukan bahwa pektin, senyawa ajaib ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita untuk mengalahkan infeksi HIV, bahkan ketika virus itu adalah jenis yang resisten atau kebal terhadap obat.

Dari satu sisi, pektin mampu merangsang sistem kekebalan tubuh kita untuk bekerja lebih efisien, dari sisi lain, dengan memakan mangga, kita memberikan sejumlah vitamin dan nutrisi penting ke tubuh kita. Dukungan dua sisi ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita yang merupakan kunci dalam menyembuhkan infeksi HIV.

  1. Mempertahankan Struktur DNA

DNA kita mendapat dampak negatif setiap hari. Alasannya bisa beragam, dari stres oksidatif hingga penyakit hingga gizi buruk, belum lagi kita semua bertambah tua setiap hari, dan penuaan itu sendiri berbahaya bagi DNA kita. Ini semua dapat menyebabkan mutasi atau degenerasi berbahaya dalam DNA kita, menyebabkan kanker, penyakit autoimun, dan banyak lagi masalah kesehatan. Berita baiknya adalah bahwa faktor-faktor ini dapat dikurangi jika kita mempertahankan kehidupan yang sehat dan seimbang.

Berkat kandungan antioksidan mangga dan fenol spesifik yang dikandungnya, makan mangga secara teratur dapat berkontribusi untuk menjaga DNA kita sehat dan bebas degenerasi.

  1. Memastikan Kesehatan Mata

Untuk mata yang sehat, vitamin A sangat penting. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan jumlah vitamin A yang cukup, tanda pertama dapat mengalami masalah untuk melihat saat senja, nanti Anda mungkin mengalami kesulitan melihat dalam segala jenis kondisi cahaya. Dalam kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Mangga bisa sangat membantu dalam masalah ini, juga, karena buah lezat ini kaya akan vitamin A. Karena vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, Anda perlu berhati-hati untuk mengonsumsi beberapa jenis lemak pada saat yang bersamaan. Misalnya susu, daging, ham atau bahkan alpukat.

  1. Mempromosikan Kulit

Kulit kita membutuhkan vitamin A, vitamin C, Vitamin E, Selenium dan Zink, ditambah satu dosis antioksidan agar tetap sehat dan cerah. Mangga mengandung dalam kadar tinggi empat dari daftar ini, dalam bentuk alami, yang dapat diserap lebih baik daripada suplemen buatan. Antioksidannya disebut karotenoid, yang tidak hanya dikenal sebagai buah yang memberikan warna cerah, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kulit kita untuk tetap berisi, terhidrasi, dan berkilau.

Jika Anda kesulitan membeli mangga segar setiap hari, cobalah versi bubuk kering-beku, sebagian besar kandungan antioksidan dari buah segar tetap ada di dalamnya.

  1. Memperkuat Tulang

Apa yang kita butuhkan untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat? Vitamin K. Apakah ada dalam mangga. Pasti!

Asupan vitamin K bukan yang termudah bagi kebanyakan orang, seperti yang biasa terjadi pada sayuran berdaun hijau, dan banyak yang kesulitan makan salad mentah setiap hari. Mangga menawarkan alternatif yang jauh lebih menyenangkan dengan rasanya yang lezat, berair dan mengandung vitamin K yang tinggi. Jika Anda makan 1 mangga besar, itu sudah memastikan setengah dari kebutuhan harian Anda yang direkomendasikan akan vitamin K.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Banyak pasangan di seluruh dunia berjuang untuk memiliki bayi. Biasanya, wanita melakukan segalanya untuk hamil, tetapi pria terlalu bangga atau terlalu cerewet untuk memulai diet atau perawatan pendukung apa pun.

Untuk kaum Hawa, di sini kami punya kabar baik untuk Anda: sajikan mangga setiap malam untuk makan malam untuk pria Anda, dan efek positifnya akan segera datang. Mangga tidak hanya meningkatkan kualitas dan pergerakan sperma tetapi juga, itu dianggap sebagai afrodisiak dalam banyak budaya, membantu Anda mendapatkan suasana hati lebih indah.

  1. Mendukung Pemulihan Olahraga

Makan mangga setelah berolahraga akan mendukung pemulihan Anda dari beberapa sisi. Pertama, elektrolit dan mikronutriennya berkontribusi dalam penyembuhan otot setelah latihan yang intens. Kedua, membantu mengembalikan unsur-unsur penting, vitamin, dan nutrisi ke dalam tubuh Anda. Ketiga, gula alami yang tersedia dalam mangga membantu Anda mengurangi kelelahan pasca-latihan.

Mangga akan membantu Anda untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan Anda secara keseluruhan, menyukseskan latihan olahraga yang lebih mengesankan.

(myhealthreads.com)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.