270 Daerah akan Ikut Pilkada Serentak Tahun 2020

INIPASTI.COM, JAKARTA – Setelah pesta demokrasi pada April lalu terselenggara dengan sukses, Beberapa daerah di Indonesia kembali bersiap untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah yang serentak akan dilaksanakan pada tahun 2020 nanti.

Sebanyak 270 daerah, dipastikan akan menggelar Pilkada secara serentak, hal ini diungkapkan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar.

“Tahun 2020 Pilkada akan Diikuti 270 Daerah,” kata Bahtiar, Kamis (13/6) dilansir dari Tempo.co.

270 daerah ini, rinciannya adalah 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota.

Baca Juga:  TGB Sebut Lawan Jokowi dalam Pilpres adalah Fitnah

Ia menyebutkan, seharusnya dalam Pilkada serentak 2020 diikuti 269 daerah, namun menjadi 270 karena Pilkada kota Makassar diulang pelaksanaannya. “Kota Makassar akan diulang Pemilihan Walikotanya karena pada 2018 ada calon tunggal yang dikalahkan kotak kosong,” terang Bahtiar.

Adapun dalam pilwalkot Makassar lalu, kotak suara kosong menang atas pasangan calon tunggal dalam pemilihan kepala daerah. Berdasarkan aturan yang terdapat dalam Pasal 25 ayat 1-3 Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2018, pemilihan ulang dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya jika suara kolom kosong lebih banyak daripada calon tunggal.

Baca Juga:  Kemensos salurkan bantuan di Asmat

Saat ini, daerah itu dipimpin pelaksana tugas (plt) sampai pelaksanaan pilkada serentak selanjutnya. Pilkada serentak 2020 merupakan pemilihan yang dilakukan untuk kepala daerah hasil Pemilu Desember 2015.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.