4 Hari Lagi, Simak Kesalahan Terbanyak Penyebab Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS

Seorang membuka web SSCN melalui layar monitor dan ponsel. (Sumber : Warta Kota/ Alex Subhan)
Top Ad

INIPASTI.COM, Tahun 2019, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) perlu segera menyelesaikan proses pendaftaran secara online. Empat hari lagi pendaftaran online akan ditutup. Berdasarkan catatan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk instansi Kementerian/Lembaga pusat rata-rata akan menutup pendaftaran online mulai Minggu (24/11) pukul 23.59 WIB.

Hari pendaftaran online hampir ditutup. Berikut simak baik-baik kesalahan terbanyak dilakukan pelamar CPNS tahun 2018.

Namun, seringkali hari terakhir pendaftaran server down dikarenakan user aktif melebihi kapasitas pengguna SSCN. Dua hari lalu saja, Badan Kepegawaian Negara mengaupdate sebanyak 47.070 user aktif mengakses portal SSCN pada Selasa (19/11) pukul 20:00 WIB.

Baca Juga:  4 Proyek Ini Akan Dibangun NTB untuk Sambut Moto GP 2021

Kesalahan pendaftaran administrasi tahun 2018 kebanyakan ijazah tidak sesuai dengan formasi yang dilamar. Salah-satu contoh kesalahan formasi yang dilamar Pendidikan IPA, sedangkan ijazah yang bersangkutan Pendidikan Biologi .

Kedua, dokumen yang diunggah di web www.sscn.bkn.go.id habis masa berlakunya. Terdapat dua dokumen kesalahan terbanyak yang terunggah, yaitu legalisir akreditasi perguruan tinggi dan Surat Tanda Registrasi (STR) bagi pelamar bidang kesehatan.

Kesalahan ketiga, nomor ijazah dan tanggal ijazah harus sesuai dengan yang tertera. Meski sepele, kesalahan yang sering terjadi nomor ijazah tidak lengkap, tanggal ijazah salah input dan tidak mengetahui tanggal ijazah yang benar. Hal ini dapat membuat para pelamar gugur. ( Dhirga Erlangga ).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.