5 Daerah Ditetapkan Jadi Destinasi Wisata Halal

Ilustrasi logo wonderful indonesia (Internet)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Kementerian Pariwisata RI telah menetapkan 10 provinsi sebagai destinasi wisata halal. Saat ini Kemenpar telah memberikan bimbingan teknis dan lokakarya dari perwakilan provinsi tersebut.

10 provinsi di Indonesia yang menjadi destinasi wisata halal. Sepulu provinsi itu adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.

Khusus Sulsel sendiri, informasi yang diperoleh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ada 5 Kabupaten dan kota yang masuk dalam destinasi wisata halal. Makassar, Gowa, Maros, Pangkep dan Bulukumba.

Sementara itu, mengenai Toraja apakah masuk atau tidak. Kepala Seksi Pembinaan Event, Disbudpar Sulsel Ahmad Yusran, menyebutkan informasi yang didapatkan dari bagian Bidang Destinasi lima daerah tersebut ini baru dikeluarkan oleh Kementerian sebagai destinasi halal.

Baca Juga:  IMA Gowa Harapkan Pemprov Sulsel Maksimalkan PAD

Menurutnya, lima daerah ini adalah progres terbaru dari Kementerian. Sebelumnya memang ada Toraja, namun saat keluar dari kemenpar, tidak ada.

Mengenai, apa saja nantinya diberikan kepada daerah destinasi halal, Yusran menyebutkan sampai saat ini belum ada informasi lebih jauh karena semua masih di Jakarta, “belum tahu apakah ada dari Kementerian. Inikan beda dengan Aceh dan Lombok yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal sebelumnya. Sulsel terakhir,” imbuhnya

Baca Juga:  PLUT Sulsel - FTA Center Makassar Jalin Sinergi

Mengenai kriteria sehingga daerah ini ditetapkan sebagai destinasi wisata halal. Diantaranya bukan hanya dinilai dari satu faktor saja, misalnya di satu hotel, bukan hanya dari segi makanannya saja tapi pengolahan dari awal, bahan yang digunakan.

Kemudian, dalam kamar ada arah kiblat, disediakan al -qur’an, sejadah dan sebagainya.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.