Site icon Inipasti

5 Istilah Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

INIPASTI.COM – Bukan menjadi rahasia umum, keberadaan mobil listrik kini merajalela di pasaran. Hal ini seiring semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pemakaian mobil yang ramah lingkungan.

Mobil konvensional berbahan bakar bensin diklaim menjadi penyumbang emisi karbondioksida sehingga konsumen perlahan bermigrasi ke mobil listrik, sebagaimana dilansir Tempo.

Kehadiran mobil listrik seakan menjadi warna baru dalam dunia otomotif era sekarang. Sejumlah produsen mobil raksasa berusaha keras menciptakan inovasi terbarunya. Selain itu, muncul produsen-produsen mobil baru yang secara khusus memproduksi mobil listrik seperti Byton, Canoo, dan Rivian.

Jika di masa depan Anda berminat memarkir salah satu mobil listrik ke garasi rumah, pastikan Anda sudah mengetahui seluk beluk seputar mobil listrik. Minimal, Anda harus tahu istilah-istilah baru dalam kamus teknologi mobil listrik. Dirangkum

Tempo dari situs Car and Driver dan Edison Energy, berikut lima istilah mobil listrik yang perlu Anda ketahui:

  1. Sebutan satuan tenaga – Di Amerika Serikat, produsen mobil sering menyebut kekuatan mobil listrik dalam satuan tenaga kuda. Sebutan ini disamakan dengan jenis mobil konvensional atau mesin pembakaran internal. Ternyata, satuan tenaga mobil listrik bisa disebut dalam kilowatt. Satu kilowatt sama dengan 1,34 tenaga kuda.
  2. Kapasitas baterai – Baterai dalam mobil listrik berfungsi sebagai daya penggerak yang mengandung energi. Kapasitas baterai adalah waktu dalam jam di mana baterai dapat mengeluarkan daya dalam kilowatt. Misalnya, mobil listrik yang lebih kecil dengan jangkauan 200 mil atau lebih sering memiliki baterai sekitar 60 kilowatt. Itu berarti mereka dapat menyediakan 30 kilowatt (atau sekitar 40 tenaga kuda) selama dua jam berturut-turut.
  3. Jenis pengisian daya baterai – Saat ini, sebagian besar daya mobil listrik berasal dari baterai yang diisi baik di rumah ataupun di tempat kerja. Ada dua jenis pengisian daya, pertama, yang disebut Level 1, menggunakan stop kontak 120 volt standar. Kedua, yang disebut Level 2, menggunakan sirkuit 240 volt yang lebih kuat.
  4. MPGe – Miles Per Gallon Equivalent atau MPGe adalah ukuran seberapa jauh mobil listrik dapat melakukan perjalanan dengan energi yang terkandung dalam satu galon bensin. Ini adalah ukuran efisiensi mobil listrik untuk menilai perbandingan efisiensi mobil berbahan bakar bensin di MPG. Nomor MPG biasanya akan muncul di stiker jendela dan di tabel spesifikasi mobil dan pengemudi.
  5. Hybrid – Mobil yang mengintegrasikan mesin konvensional dan motor listrik untuk meningkatkan efisiensi mesin. Pengisian baterai dilakukan oleh mesin ICE (Internal Combustion Engine), yang mana pengemudi tidak perlu mengisi daya baterai dengan mencolokkan ke pasokan listrik. Mobil hybrid dapat menawarkan penghematan bahan bakar yang lebih besar daripada jenis mobil konvensional (syakh/tmp)
Exit mobile version