Enam Jenis Tanaman Rimpang Beserta Manfaatnya, Bisa Cegah Virus Corona, Masa Sih?

INIPASTI.COM, JAKARTA-Kementerian Pertanian sudah merilis beberapa target capaian tahun 2020-2024. Terget dibagi atas dua, yaitu Produk Riset Nasional dan Produk Inovasi Nasional.

Ada beberapa tanaman komoditi kurang diketahui oleh petani. Salah-satunya tumbuhan Rimpang.

Inline Ad

Menurut ilmu botani, rimpang adalah modifikasi batang tumbuhan. Tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah. Rimpang menghasilkan berupa tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya.

Nah, berikut enam tanaman yang termasuk jenis rimpang yang menjadi Produk Riset Nasional. Rimpang berarti menjadi sorotan utama dalam riset dan pemasaran ekspor komoditi Indonesia.

1. Jahe

Jahe merupakan tanaman termasuk rimpang. Jahe memiliki berbagai manfaat. Baru-baru ini, seorang guru besar mengklaim bahwa jahe dapat cegah Covid-18. Prof Dr drh Chairul Anwar Nidom,menemukan ramuan jahe yang dapat mencegah penularan virus corona dalam tubuh.

Peneliti lain juga mengungkapkan hal serupa. Peneliti Ida Nugroho bersama timnya dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membudidayakan tanaman jahe merah untuk mencegah penularan virus corona yang menjadi momok pembicaraan masyarakat dunia.

Baca Juga:  Liputan Wabah Virus Corona, Dua Reporter Hilang

2. Kunyit

Rimpang kedua adalah rimpang kunyit. Kunyit biasa digunakan untuk bumbu masakan sebagai pewarna alami. Kunyit memiliki warna khas yakni kekuning-kuningan.

Kunyit dapat mengurangi Rasa Mual. Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit dapat meredakan rasa mual, peradangan dan serangan bakteri.
 
3.Lengkuas

Berasal dari Asia Selatan, rempah ini mirip dengan jahe dan kunyit sehingga orang sering keliru membedakannya. Namun, lengkuas memiliki rasa dan komposisi nutrisi yang berbeda.

Lengkuas mengandung galangin, beta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid lainnya yang baik untuk tubuh. Selain itu, rempah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat makanan, dan karbohidrat yang baik.

4. Kunyit

Kunyit sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah sejak dulu digunakan nenek moyang sebagai pengobatan.

Baca Juga:  Panic Buying Fenomena Baru, Pengamat: Jangan Takut Soal Stok

Kandungan aktif curcumin itu merupakan antioksidan alami dan zat antiinflamasi yang membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, peradangan; memperlambat proses penuaan; bahkan mencegah beberapa penyakit degeneratif.

5. Kencur

Kencur dipercaya dapat mencegah tubuh tidak mudah terserang penyakit. Tumbuhan berwarna pucat dan berkulit kecoklatan ini mampu meredakan sejumlah gangguan seperti depresi, stres dan cemas.

International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences membuktikan bahwa meminum sari kencur dapat mengobati penyakit diare. Selain itu, senyawa sitotiksik dan antibakteri yang ada di dalam kencur dapat membunuh bakteri jahat dan mencegahnya datang kembali.

6. Temu Kunci

Tanaman rimpamg terakhir adakah temu kunci. Tanaman liar ini mengandung senyawa pinostrobin. Hal ini mampu membantu melindungi kesehatan usus, lambung, serta organ pencernaan lainnya.

Daun temu kunci juga mampu penangkal racun, antibakteri, antiradang. Selain itu,  antioksidan yang berguna untuk mengobati berbagai masalah pencernaan.

Baca Juga:  Kementan Lakukan Ini Untuk Antisipasi Masuknya Virus Corona

(Dhirga Erlangga)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad