6 Langkah Sederhana Lapor SPT Tahunan Via Online

INIPASTI.COM, Bagi anda yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau telah terdaftar sebagai wajib pajak perseorangan, maka perlu melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) anda sebelum 31 Maret 2020. Sebab, jika anda telat melaporkan SPT anda, atau anda melapor SPT lebih dari 3 bulan setelah tahun pajak berakhir, maka anda akan dikenakan denda.

Namun jika anda merasa berat untuk mengantri, atau malas melapor pajak lewat kantor pos. Ada cara sederhana melapor SPT tahunan anda via online. Dengan menggunakan fitur e-filling yang terdapat pada laman resmi Direktorat Jendral Pajak (DJP) www.pajak.go.id, anda sudah bisa melapor pajak dengan cara yang mudah.

Inline Ad

Berikut tahapan sederhana yang perlu anda lakukan untuk melapor SPT tahunan dengan menggunakan fitur e-filling.

  1. Harus punya e-mail atau nomor ponsel.
    Syarat pertama yang harus anda penuhi untuk dapat mendaftar akun e-filling anda adalah dengan menautkan alamat e-mail dan nomor ponsel anda.
  2. Mendatangi KKP terdekat untuk aktivasi akun.
    Minta aktivasi electronic filling identification (EFIN) dengan mendatangi KKP terdekat. EFIN digunakan untuk mengaktivasi akun e-filling.
  3. Mengaktivasi e-mail.
    Buka laman djponline.pajak.go.id dan buka e-mail untuk mengaktivasi e-mail. Baru kemudian masukkan nomor NPWP dan password yang telah dibuat.
  4. Mengisi formulir
    Pilih menu e-filling pada laman yang telah dibuka, kemudian pilih tab SPT. Lalu pilih jawaban dan isi formulir.
  5. Verifikasi melalui e-mail dan SMS.
    Jika sudah mengisi formulir, klik kursor persetujuan. Lalu ambil kode verifikasi yang dikirimkan melalui e-mail maupun SMS. Buka kode verifikasi yang dikirim, masukkan kedalam kolom kode pengiriman. Kemudian, klik tab SPT.
  6. Cetak dan simpan tanda terima elektronik.
    Buka e-mail anda. Pastikan bahwa anda sudah menerima tanda terima elektronik SPT tahunan. Cetak, dan simpan. Simpan NPWP, nomor EFIN, password DJP online yang nantinya bisa digunakan kembali untuk melapor spt tahun berikutnya.

Sumber: kompas.com

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.