Agus Ambo Djiwa Gagas Program Gema D’smart

Di balik semua sepak terjang Agus dalam membidani dan membangun Mamuju Utara, terdapat figur Herny Agus Ambo Djiwa, yang tak lain adalah istrinya. Herny tentu tak hanya menjadi sosok yang mengurus dan melayani, tapi juga menjadi rekan berdiskusi Agus. 

Agus A. Djiwa - Bupati Pasangkayu

Bupati Mamuju Utara Agus Ambo Djiwa telah menggagas program Gerakan Membangun Desa Sejahtera, Mandiri, dan Bermartabat (Gema D’Smart). Program itu diluncurkan pada 2010, tepat ketika Agus terpilih menjadi bupati.

Fokus dari program Gema D’Smart antara meningkatkan akses layanan kesehatan, pendidikan, peningkatan produktivitas pertanian serta pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Guna merealisasikan program tersebut, Agus bersama seluruh jajaran pemerintahannya, termasuk melibatkan polisi dan TNI, berkenan berkantor di desa-desa dengan membangun tenda. Selain untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, hal itu juga dilakukan sebagai ajang silaturahmi bersama warga.

“Jadi kantor pelayanan selama dua hari penuh di desa. Pemerintah mencoba menjemput bola dengan mendatangi masyarakat. Tujuannya satu, yakni pelayanan,” kata Agus.

Baca Juga:  Peluang Masuk di FK Unismuh Masih Terbuka

Dengan berkantor di desa-desa, warga dapat secara langsung melaporkan keluhannya kepada pemerintah. “Kami terima pengaduan dari masyarakat dan kami selesaikan di desa itu juga,” ujar Agus.

Dengan penekanan program yang kian terfokus, program Gema D’Smart tetap dilaksanakan pada periode 2016-2021. Menurut Agus, saat ini pemerintah memang harus mengubah paradigma berpikir. Pemerintah bukan lagi dilayani, tapi harus menjadi pelayan rakyat.

Melalui Gema D’Smart, Agus mengjak masyarakat agar tak sungkan dan segan mengadukan keluhannya. Dengan demikian, pemerintah dapat memberikan solusi dan menyelesaikan masalah yang ada.

Baca Juga:  #12 – Li Na (Mao Zedong)

Di balik semua sepak terjang Agus dalam membidani dan membangun Mamuju Utara, terdapat figur Herny Agus Ambo Djiwa, yang tak lain adalah istrinya. Herny tentu tak hanya menjadi sosok yang mengurus dan melayani, tapi juga menjadi rekan berdiskusi Agus.

Sedikit atau banyak, setiap keputusan yang diambil Agus untuk Mamuju Utara, terlahir berkat perbincangan atau diskusinya dengan Herny. Meski terdengar klise, namun ungkapan “Di balik kesuksesan seorang pria selalu terdapat wanita yang hebat” tampaknya masih cocok disematkan untuk Agus dan Herny. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.