Agus Arifin Nu’mang Gagas Jalan Pintas Kabupaten Pinrang-Enrekang

Selama 10 tahun menjabat sebagai wakil gubernur (wagub) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu'mang terbilang berhasil menjadikan Sulsel sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia.

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

Selama 10 tahun menjabat sebagai wakil gubernur (wagub) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang terbilang berhasil menjadikan Sulsel sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia. Hasil kerjanya pun dirasakan masyarakat yang tinggal di daerah.

Salah satunya adalah pembangunan jalan pintas dari Kabupaten Pinrang ke Kabupaten Enrekang. Pembangunan jalan tersebut sangat membantu mobilitas warga. Mereka tak perlu lagi menempuh jalur yang memutar melewati daerah Rappang, Kabupaten Sidrap.

Saat mencalonkan diri sebagai gubernur Sulsel periode 2018-2023, dia telah merencanakan pembangunan jalan pintas dari Kabupaten Pinrang ke Kabupaten Toraja. Pembangunan tersebut, menurut Agus, merupakan bagian dari sembilan program fokus tuntas “Sulsel Bagus”.

Baca Juga:  Tak Mau Gaduh, Muscab 21 DPC Demokrat Aklamasi, 3 Voting

Program itu dia rancang dalam rangka berkontestasi di pilgub Sulsel. “Program fokus tuntas adalah turunan dari landasan kebijakan pembangunan kawasan Labuba Malabo,” kata Agus.

Saat menjabat sebagai wakil gubernur Sulsel, Agus memfokuskan pembangunan berbasis kawasan yang menghubungkan wilayah pesisir dan pegunungan. Terdapat tiga kawasan pegunungan, yakni Latimojong, Bulusaraung, dan Latimojong serta dua wilayah pesisir yang meliputi Selat Makasar, yakni Laut Flores dan Teluk Bone atau lebih dikenal dengan istilah Labuba Malabo.

Menurut Agus, lima kawasan tersebut telah menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru. Selain itu, Labuba Malabo juga berkaitan dengan program yang telah dilaksanakan pemerintah provinsi Sulsel selama ini.

Baca Juga:  Gara-gara Kulkas, Rumah ini Nyaris Terbakar

Dengan demikian, dia yakin konsep pembangunan berbasis kawasan tersebut mampu menjadi solusi permasalahan ekonomi Sulsel. Hal itu pun terbukti berhasil meningkatkan perekonomian di sana.

“Selama 10 tahun sebagai wakil gubernur, saya telah bekerja keras menjadikan Sulsel (menjadi yang) terbaik. Ekonomi naik di atas nasional, rata-rata 7,6 persen tiap tahun, indeks pembangunan naik, kemiskinan menurun. Ini momentum yang harus dilanjutkan,” ujar Agus. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.