Aksi HMPWK FT-UH, PlanoCARE, Kampanye Peduli Sampah

aksi Kampanye Peduli Sampah kota, di sekitaran Jalan Penghibur, Pantai Losari, Minggu (19/2/2017).

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tangal 21 Februari, puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Pengembangan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMPWK FT-UH) menggelar PlanoCARE (sub Event #URBANCARE2017) dimana kegiatan ini berupa aksi Kampanye Peduli Sampah kota, di sekitaran Jalan Penghibur, Pantai Losari, Minggu (19/2/2017).

Kegiatan ini merupakan sub kegiatan dari event besar #Urbancare2017 HMPWK FT-UH. Kegiatan yang dilaksanakan di saat card free day di sekitaran pantai Losari ini adalah untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat menjaga lingkungan serta malu membuang sampah sembarangan yang berlangsung mulai sejak pukul 07.00 wita sampai dengan jam 10.00 wita.

Baca Juga:  Fakultas Peternakan UNHAS Tingkatkan Dayasaing Proposal PKM

Ketua pelaksana kegiatan #URBANCARE2017 Mutazaky Muhammad mengatakan, diharapkan hari peduli sampah nasional bukan sekedar hari besar yang terpajang di kalender saja, namun juga benar-benar bisa dimaknai oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan menjaga lingkungan di kehidupan sehari-hari.

“Jangan hannya berbicara melalui poster dan selogan saja untuk tidak membuang sampah sembarangan, mulai saat ini mari kita bersama sama langsung turun kejalan untuk membersihkan lingkungan yang ada di sekeliling kita agar masyarakat lainpun malu untuk membuang sampah sembarangan” kata ketua pelaksana URBANCARE2017 .

Selain itu bentuk kampanye dalam kegiatan ini yakni dengan cara “Sampah Tukar Produk” dimana kami menukarkan sampah mereka dengan produk kopi dan makanan siap saji. Hal ini untuk merangsang dan memotivasi masyarakat baik dikalangan anak sampai dengan dewasa untuk membuang sampah pada tempatnya. Ini juga merupakan bentuk support pemerintah dalam penanganan terhadap sampah yaitu LISA (Lihat sampah ambil) dan mempopulerkan kembali #makassartidakrantasa di sosial media.

Baca Juga:  Wagub Sulsel Kecam Diskriminasi Muslim Uighur di Cina

Selain dari Mahasiswa HMPWK FT-UH, kampanye ini melibatkan berbagai komunitas seperti KOPSLING SULSEL, KOPHI Sulsel, Sobat Bumi, Earth Hour, dan Macz Crew Dance. Kegiatan ini tentu merupakan bentuk support kami terhadap pemerintah Kota Makassar dalam penanganan terhadap sampah yaitu program LISA (Lihat sampah ambil) serta mempopulerkan kembali program #makassartidakrantasa.