Site icon Inipasti

Aktor Nasional Deddy Mizwar Telusuri Leluhurnya di Tanah Kajang, Bulukumba

INIPASTI.COM, Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, S.Sn, M.I, Pol beberapa hari lalu berkunjung ke tanah Bugis, Kajang, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya ada apa mantan wakil gubernur Jawa Barat ini sampai berkunjung ke Kajang.

Apakah hanya kunjungan biasa atau ada yang lain termasuk urusan perfilman atau yang lainnya?.Tidak banyak yang tahu.

Deddy Mizwar yang juga aktor, sutra dara dan politikus setelah ditelusuri rupanya mereka punya silsilah keturunan bugis, Sulawesi Selatan.

Deddy Mizwar, yang lahir 5 Maret 1955, Jakarta selain memiliki dara bugis, juga turunan Betawi dan campuran dara Belanda.

Inilah mengapa mantan Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional Periode 2006 – 2009 ini ke Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan untuk menelusuri leluhurnya ke Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dosen Pertanian Unismuh Dr Haris Sambu, penulis buku sejarah Kajang yang telah mendampingi H. Dedy Mizwar selama berada di Kajang, Bulukumba.

Dimomentum kedatangan Deddy Mizwar ke Kajang, Dr Abdul Haris Sambu sempat menyerahkan buku sejarah Kajang dan Silsilah Kerajaan Kajang kepada Deddy Mizwar.

Haris Sambu yang juga adalah orang Kajang membenarkan mantan gubernur Jabar ini berkunjung untuk bersilaturahmi sekaligus menelusuri leluhurnya di Kajang.

Haris Sambu memgatakan, Deddy Mizwar dalam sejarah Karaeng Kajang memiliki persambungan silsilah secara vertikal dengan Kerajaan Kajang.

Dari silsilah dimulai dari Kerjaan Tallua di Kajang, yakni Kerajaan Lembang, Kerajaan Kajang dan Kerajaan Laikang lalu penggabungan tiga kerajaan ( Ammatoa ) sebagai pelindung tahun 1862.

Lalu kemudian lahirlah Karaeng Kajang (Labbiria ) dan Sulehatang Kajang sebagai wakil Karaeng Kajang dan anak Karaeng Tambangan Moncong Buloa lalu dilanjutkan dengan adat salapanga ( tahun 1862 – 1960) yang lebih dikenal dengan 9 Gallarrang ( 1960 – 1987 ) sebagai periode baru. Setelah itu dari gallarrang menjadi desa 1887 – 1995 menjadi 19 desa hingga kepada silsilah Taumanurunga.

Dari sinilah silsilah Tau Manurunga secara vertikal memiliki hubungan dengan Deddy Mizwar.(rls)

Exit mobile version