Andika Perkasa Lapor Ma’ruf Amin soal Kebijakan Baru di Papua

Top Ad

INIPASTI.COM – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menemui Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Rabu 24 November 2021. Dia melaporkan kebijakan baru yang diyakini dapat membawa kondisi keamanan di Papua berlangsung kondusif.

“Di situ tadi ada pembicaraan secara khusus bagaimana landasan pengaman di Papua yang jadi kebijakan oleh panglima yang baru. Secara garis besar sudah dibicarakan.

Inline Ad

Dilansir dilaman CNN, Ada kebijakan yang mungkin bawa suasana baru yang lebih kondusif buat keamanan di Papua,” kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi dalam keterangannya yang diterbitkan Setwapres, Rabu 24 November 2021.

Meski demikian, Masduki tak membeberkan kebijakan Andika seperti apa yang diyakini dapat membuat kondisi keamanan di Papua kondusif.

Ia hanya mengatakan Wapres senang dengan laporan yang dipaparkan Andika. Sebab, selama ini Wapres secara intens memantau perkembangan Papua.

Diketahui, Ma’ruf juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2020 pada 29 September 2020.

“Sehingga di mana di tahun 2022 nanti proses pembangunan kesejahteraan di Papua bisa intensif dan nampak bagi masyarakat Papua,” kata Masduki.

Masduki menilai pendekatan keamanan dan kesejahteraan di Papua harus berjalan seiring ke depannya. Karenanya, Wapres meminta Andika untuk terus memantau perkembangan nasional, khususnya di Papua.

“Karena Wapres punya tanggung jawab bagaimana menyejahterakan masyarakat Papua. Bahwa di sisi lain Panglima TNI bagaimana Papua aman,” kata dia.

Sebelumnya, Jenderal Andika menyatakan akan mengumumkan pola pendekatan baru dalam menangani sejumlah konflik di Papua. Pengumuman itu akan diumumkan pekan depan secara langsung di Papua (syakh/cnn)

Bottom ad

Leave a Reply