Antisipasi Cacar Monyet, Dinkes Minta KKP Pasang Thermosscanner

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Beberapa pekan terakhir ini, masyarakat dihebohkan dengan munculnya penyakit baru cacar monyet atau Monkeypox , dimana ini ditemukan di Singapura.

Penyakit monkeypox ini masuk ke Singapura setelah adanya WNA dari Afrika masuk ke Singapura dan terindikasi terkena cacar monyet.
Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Bachtiar Baso menyebutkan Kementerian , Kesehatan telah meminta agar daerah mewaspadai ini karena merupakan penyakit baru, dan inikan dekat dari Indonesia.

Menurutnya, yang paling terancam dengan penyebaran monkeypox ini adalah kota Batam karena dekat dengan Singapura. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi mengingat bahwa Makassar menjadi salah satu pintu masuk aktifitas terutama di Bandara dimana ratusan penerbangan masuk.

Baca Juga:  Sidak Pasar Tradisional, Tim JKP Temukan Indikasi Ikan Berformalin

“Kami telah meminta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk memasang thermosscanner (alat pengukur suhu), karena Pelabuhan dan Bandara ini pintu masuk, banyak orang yang datang melalui itu,”paparnya.

Ia menyebutkan, thermosscanner ini digunakan untuk mengukur suhu tubuh dari manusia, “jadi kalau ada yang demam datang dari Singapura atau Batam, harus diperiksa melalui Thermosscaner jika ditemukan maka akan langsung diperiksa lebih detail lagi,”ujarnya

Jika ada yang didapati terindikasi, Bachtiar menyebutkan maka akan langsung di rujuk Rumah Sakit Wahidin Sudirohusudo untuk mendapatkan tindak medis lebih jauh.

Baca Juga:  Seru! Debat Kandidat Calon RT/RW Kelurahan Buloa

Ia pun mengaku akan kembali melakukan komunikasi dengan Kepala KKP Makassar, meminta thermosscaner segera diaktifkan, karena cepat atau lambat ini bisa saja masuk, apalagi Makassar aktifitas penerbangan di sana ratusan.

“Kami terus koordinasi, lintas sektor, UPT Vertikal memastikan penanganan dan antisipasi penyakit ini,”paparnya

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.