Antisipasi Varian Baru Corona, KKP Makassar Perketat Pintu Masuk dan Keluar

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Tepat setahun, setelah pengumuman masuknya virus Covid-19 ke Indonesia, Pemerintah kembali mengumumkan telah menemukan dua kasus baru Corona B117 asal Inggris telah ditemukan.

Inline Ad

Pengumuman masuknya virus varian baru ini, diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan varian baru Covid-19, telah ditemukan di Indonesia. Virus ini adalah mutasi dari dari Sars-CoV-2, yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Mengantisipasi masuknya virus corona varian baru tersebut, Pelaksana tugas Kepala KKP Kelas I Makassar dr. Muh. Haskar Hasan, mengungkapkan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah pencegahan, termasuk memperketat jalur masuk dan keluar yang menjadi tugas KKP.

“Kami melakukan pengawasan alat angkut orang dan barang dari luar negeri serta dalam negeri yang
tentunya pengawasan dilakukan berupa pemeriksaan dokumen kesehatan kapal/pesawat, pemeriksaan sanitasi kapal/pesawat, dokumen kesehatan penumpang baik Buku ICV, Hasil Pemeriksaan PCR, Rapid Antigen dan Antibodi,” kata Haskar, Jumat (5/3)

Ia menambahkan selain pemeriksaan dokumen, juga dilakukan pengchekan suhu tubuh dan pemeriksaan fisik, “Jika terdapat kecurigaan penyakit menular maka pihaknya akan melakukan rujukan ke RS atau Laboratorium, termasuk tindakan Karantina dan isolasi yang bekerja sama dengan Dinkes Prov dan Dinkes Kabupaten dan kota serta rumah sakit dan laboratorium, selain persiapan tindakan penyehatan lingkungan dalam hal ini mensterilkan kapal dan pesawat,” jelas Haskar

Termasuk juga, edukasi kepada lintas sektor dan masyarakat khusus protokol kesehatan.

“Petugas kami dibekali dengan pelatihan kekarantinaan, kesehatan penerbangan, dan pelatihan lainnya yang mendukung program pencegahan dan pengendalian Covid 19 dan penyakit menular lainnya,” sebut Haskar.

Namun, Haskar menjelaskan bahwa pencegahan dan pengendalian Covid 19, serta penyakit menular tidak akan berhasil jika seluruh lintas sektor terkait dan masyarakat tidak terlibat dalam program dengan menjalankan semua peran masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.