APTISI Diminta Hadirkan Perguruan Tinggi Sesuai Kebutuhan

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang (tengah) saat menghadiri sarasehan perguruan tinggi regional Sulawesi 2017 (Istimewa)

INIPASTI.COM, PALOPO – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang meminta kepada Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) untuk mendirikan perguruan tinggi yang didasarkan kepada kebutuhan suatu daerah.

Menurutnya, dengan menghadirkan Perguruan Tinggi sesuai kebutuhan daerah tersebut, maka nantinya dalam menyerap tenaga kerja bisa lebih mudah.

Inline Ad

“Saya berharap kepada APTISI agar bisa mendirikan atau membuat program studi yang memang dibutuhkan ilmunya dalam pengembangan suatu daerah tertentu,” kata Agus ketika membuka sarasehan perguruan regional Sulawesi 2017, Rabu (22/3/2017)

Ia pun mencontohkan bahwa di Sulawesi Selatan telah dibangun proyek kereta api, artinya menurut Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu, apabila proyek kereta api tersebut telah rampung dipastikan akan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki spesifikasi kemampuan tentang perkereta apian.

Baca Juga:  Prof Supriadi Rustad: PTS Nakal Senang Wisuda

“Kalau begitu, sebaiknya dibangun perguruan tinggi yang akan membina mahasiswa tentang ilmu yang berkenaan dengan operasional kereta api seperti masinis atau pramugari kereta api dan lainnya, atau paling tidak perguruan tinggi membuka program studi tentang operasional kereta api,” ujar Agus.

Dengan dikembangkannya perguruan tinggi seperti itu di setiap daerah, Agus AN meyakini para alumni mereka tidak bakal menganggur karena lapang kerja sudah tersedia didaerah itu sendiri.
Begitu juga dengan masyarakat yang akan menuntut ilmu, tidak perlu lagi jauh jauh mencari perguruan tinggi yang alumninya siap kerja, karena sudah tersedia di daerahnya masing-masing.

Baca Juga:  Kepala LLDIKTI IX Sulawesi Prof Jasruddin Melantik Empat Pejabat Baru

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo Ahmad Syarifuddin Daud, mengatakan bahwa pemerintah Kota Palopo saat ini terus berupaya agar Kota Palopo akan menjadi kota tujuan.

Menurutnya, hal ini dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat di Kota Palopo.

“Dijadikannya kota Palopo sebagai kota tujuan maka dipastikan sektor wisata juga turut berkembang,”paparnya. (Iin)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad