Avengers Endgame, Ini 4 Teori Captain America Bisa Angkat Palu Thor

INIPASTI.COM, MARVEL – Marvel Cinematic Universe (MCU) berhasil membuat isi bioskop berteriak pada momen-momen tertentu di film Avengers Endgame. Momentum yang paling keren dan membuat seisi bioskop bertepuk tangan adalah ketika Captain America mampu mengangkat Palu Thor yaitu Mjolnir.

Adegan itu terjadi pada akhir-akhir film saat Thor nyaris terbunuh oleh Thanos. Tiba-tiba Mjolnir terangkat dan menghantam Thanos dari belakang. Palu Thor itu kemudian balik dan ternyata kembali ke tangan Captain America. Tak hanya bisa mengangkat, Captain America juga mampu menggunakan kekuatan petir dari palu tersebut.

Inline Ad

Hingga akhir pertempuran, Captain America lah yang menggunakan palu itu. Sedangkan Thor memakai Strombreaker. Bahkan Steve Rogers membawa serta Mjolnir saat ia mengembalikan Infinity Stones ke tempat dan waktu asalnya. Yang bisa jadi Mjolnir juga dikembalikan oleh Steve ke tahun 2013 di mana Thor mengambilnya saat melakukan time travel.

Kejadian ini tentu membuat para penggemar film-film Marvel bertanya-tanya. Sebab sebelumnya, hanya Vision yang mampu mengangkat Palu Thor tersebut. Sedangkan karakter lain, termasuk Captain America, tidak mampu mengangkat Mjolnir.

Beberapa teori pun berkembang terkait mampunya Captain America menggunakan Mjolnir. Berikut 4 teori di antara beberapa teori tersebut:

1. Sudah Layak

Teori yang pertama ini mengatakan bahwa Steve Rogers sudah layak menggunakan palu Thor. Sebagaimana diketahui bersama, palu itu telah diberi mantra oleh Ayah Thor, Odin. Dalam mantra itu menyebutkan bahwa siapa saja yang layak akan bisa mengangkat dan menggunakan serta mendapatkan kekuatan Thor.

Baca Juga:  Workshop Film Silariang Cinta Yang Tak Direstui Di SMK-SMTI Makassar

Pada Avengers Endgame ini membuktikan bahwa Captain America sudah dianggap layak. Olehnya itu, dia mampu mengangkat dan menggunakan Mjolnir serta mendapatkan kekuatan Thor.

Namun masih muncul pertanyaan. Kenapa baru di film ini Steve Rogers dianggap layak? Di mana pada Avengers Age of Ultron, Steve hanya bisa menggeser sedikit Mjolnir saat Thor menantang seluruh anggota Avengers untuk mengangkat palunya.

Teori yang beredar menyebutkan bahwa kala itu, Steve Rogers dianggap masih memiliki dosa, sehingga belum dianggap layak. Dosa Steve adalah masih egois dan mempunyai rahasia tentang kematian ayah Tony Stark.

Rahasia Steve Rogers dipendam sejak Captain America The Winter Soldier dan terungkap di film Captain America Civil War.

Dari dua hal tersebut, pada awal-awal film Avengers Endgame, sudah diakui oleh Steve Rogers. Ia pun kemudian berdamai dengan Tony Stark. Akhirnya mereka akur. Sehingga pada film ini, Steve Rogers terbebas dari dosa-dosanya yang membuat ia disebut layak untuk menggunakan Mjolnir.

2. Sejak Dulu Steve Rogers Bisa Angkat Mjolnir

Teori ini cukup mendasar. Karena pada film Avengers Age of Ultron, hanya Steve Rogers yang mampu mengangkat Palu Thor meski hanya sedikit. Sedangkan karakter lain, bahkan Hulk yang dianggap paling kuat, tak mampu sedikit pun untuk menggeser palu itu.

Baca Juga:  NH: Film Silariang Adalah Pembelajaran Budaya Sulsel Yang Luar Biasa

Pada film tersebut, Steve dianggap hanya berpura-pura tidak bisa mengangkat Mjolnir. Hal itu dilakukannya karena ia tidak ingin mengecewakan Thor.

Teori ini juga semakin kuat dengan ungkapan Thor saat Mjolnir berada dalam kendali Captain America. Thor mengatakan, “sudah saya duga”. Ucapan Thor yang disertai senyum itu mengartikan bahwa selama ini Thor mengetahui bahwa Captain America mampu mengangkat palunya.

Thor sudah menduga hal tersebut sejak ia menantang para anggota Avengers untuk mengangkat Mjolnir pada Avengers Age of Ultron. Kala itu, Thor menyaksikan sendiri, palu tersebut terangkat sedikit yang membuat ekspresinya berubah.

3. Kehendak Mjolnir Sendiri

Alasan yang satu ini beranggapan bahwa Mjolnir lah yang memilih Captain America. Karena sejak Odin memberikan mantra dan melemparkannya ke Bumi, Mjolnir mempunyai hak sendiri untuk menentukan siapa yang dianggap layak untuk menggunakannya.

Hal itu juga tak terlepas dari kejadian sesaat sebelum Mjolnir itu menghantam Thanos. Saat itu, Thor dalam keadaan terancam. Thor nyaris saja terbunuh oleh Thanos dengan menggunakan Strombreaker miliknya.

Karena keadaan itulah, Captain America bangkit dan menggunakan Mjolnir. Steve dan Mjolnir pun bersatu dengan menyatukan kekuatan untuk menyelamatkan Thor.

4. Atas Izin Thor

Baca Juga:  Cinemaxx Gelar Movie Marathon Danur Asih di Phinisi Point

Ada yang mengatakan pula bahwa Captain America mampu mengangkat Mjolnir atas izin Thor. Teori ini beranggapan bahwa Mjolnir sekarang sepenuhnya adalah hak Thor. Hal itu menyusul ayah Thor yang sudah meninggal.

Karena Odin sudah tiada, maka dianggap Mjolnir sepenuhnya dalam kendali Thor. Sehingga Thor lah yang berhak menentukan siapa yang bisa menggunakan palu tersebut.

Baca Juga : Penjelasan Suara Misterius pada Post Credits Scene Avengers Endgame

Keempat teori di atas merupakan beberapa pendapat. Jika pembaca memiliki pendapat atau pandangan sendiri, silahkan tulis di kolom komentar.

(Sule)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.