Banggar DPRD Sulsel Kritik Gaji Staf Khusus Gubernur

Legislator DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga.

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Pemerintahan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman menjadi sorotan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel terkait pemberian gaji untuk staf khusus sebesar Rp Rp 8,8 juta.

Ketua Banggar DPRD Sulsel, Fachruddin Rangga mengaku tak mempersoalkan penetapan berapa angka gaji yang diberikan kepada staf ahli, asalkan sesuai dengan aturan.

“Kami di DPRD tidak mempersoalkan mau di gaji berapa staf khusus, jangankan 8,8 juta dibayar 100 juta pun tidak dipersoalkan. Selama ada aturan yang melandasi dan kami punya hak konstitusi mempertanyakan dan mengkritik kalau ada yang melenceng dari perundang-undangan,” kata Rangga sapaan Fachruddin Rangga.

Baca Juga:  Wagub Sulsel Harap Simulasi Flood Warning Segera Diterapkan

Rangga meminta Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman tidak menetapkan aturan ganda. Sebab Pergub yang mengatur penetapan gaji dan honor belum direvisi.

Ia menilai Nurdin Abdullah keliru jika membandingkan gaji DPRD dan Staf ahli. Sebab kedudukan DPRD dalam UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah secara tegas mengatakan DPRD dan Gubernur adalah mitra sejajar.

“Segala macam penghasilan nya diatur undang-undang dan peraturan pemerintah sedangkan Staf Khusus diangkat sesuka gubernur ndak jelas landasan hukum yang mengatur nya,” ucapnya.

Baca Juga:  Perempuan Posisi Strategis di Parlemen

Lebih penting dan harus dipahami, kata Rangga bahwa tidak ada hak diskresi seorang gubernur dalam pengelolaan keuangan yang ada di APBD, semua pengelolaannya harus disetujui DPRD dan semua itu landasan nya mengacu pada peraturan perundang udangan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.