Bantu Pemerintah Atasi Stunting, Pertamina Sehati Bagikan Makanan Bergizi Untuk Anak-Anak di Tubo Ternate Utara

INIPASTI.COM, Ternate – Stunting merupakan gangguan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yang disebabkan banyak faktor, salah satunya kurangnya asupan gizi. Saat ini pemerintah bekerja keras menurunkan tingkat prevalensi stunting, dari 37,2 persen (Riskedas, 2013) menjadi 30,8 persen (Riskedas, 2018). Data terakhir menurut hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSBGI) tahun 2019 menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting telah menurun menjadi 27,67 persen. Menurunkan tingkat prevalensi stunting menjadi tantangan hebat zaman ini dan menurunkan angkanya bukanlah perkara mudah, setidaknya butuh perbaikan di aspek kesehatan maupun non kesehatan serta peran aktif masyarakat dan lembaga lainnya.

Pertamina Sehati bentukan Pertamina DPPU Baabullah dan Dompet Dhuafa Pendidikan menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan aktivitas pembagian makanan bergizi untuk anak di Kelurahan Tubo. Ternate Utara, aktivitas ini merupakan salah satu upaya Pertamina Sehati membantu pemerintah mengentaskan stunting di daerah.  Pertamina Sehati merupakan program yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak dalam rangka pencapaian implementasi Sustainable Development Goals (SGGs) bidang kesehatan, terus menjadi perhatian utama Pertamina. Terdapat tiga program unggulan yang sudah dijalankan yakni Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu/Polindes/Pusban), Penanganan Gizi Buruk dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Baca Juga:  Garuda dan Askrindo Perkuat Sinergi
Inline Ad

Menurut Siti Salma, Petugas Polindes Kelurahan Tubo, aktivitas yang dihelat pada Selasa (13/10) ini menjadi langkah nyata Tubo dalam meminimalisir stunting di Ternate Utara. “Kegiatan ini rutin kami adakan sebulan sekalil, hanya saja berbeda dengan bulan sebelumnya sebab yang hadir di luar ekspektasi kami, iya kurang lebih ada enam puluh anak datang bersama orang tua mereka. Setelah ditimbang dan dicek kesehatannya, anak-anak secara sabar bergantian  menerima tambahan makanan bergizi,” paparnya.

Siti Salma menambahkan jika ragam program pengentasan stunting tidak akan berdampak banyak bila tidak disertai pola pikir sehat. “Sebagai petugas kesehatan di Kelurahan Tubo sudah menjadi tugas kami untuk menyosialisasikan berbagai hal terkait kesehatan, tetapi perubahan tersebut tak akan terjadi jika tak ada perubahan perilaku dari masyarakat,” ujarnya.  Ia menjelaskan jika aktivitas yang diinisiasi Pertamina Sehati membantu para petugas kesehatan menyasar masyarakat lebih besar. “Alhamdulillah Pertamina Sehati membantu kami membuat program menarik sehingga masyarakat mendukung dan tertarik untuk selalu datang,” ungkap Siti Salma.

Baca Juga:  Tantangan Perguruan Tinggi di Era Digital

Meskipun lokasi aktivitas dipadati orang tua dan anak-anak namun tim relawan Kampung Siaga Covid-19 Pertamina tetap melakukan pengawasan dan melakukan ragam antisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan. “Tak hanya memperhatikan gizi anak, Pertamina Sehati  pun turut memperhatikan protokol kesehatan dengan mengajak relawan Kampung Siaga Covid-19 Pertamina mencegah penyebaran pandemic. Kami sangat yakin ke depannya Kelurahan Tubo dapat menjadi daerah percontohan bidang kesehatan di Ternate Utara,” pungkas Siti Salma.  (ARxMI)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.