Bapenda Sulsel Buat Inovasi Baru Melalui Samsat Care

Kepala Bapenda Sulawesi Selatan Tautoto Tanaranggina (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, terus memberikan inovasi baru terutama dalam menjemput bola agar target Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tercapai. Setelah melalui Samsat Drive Thru, kali ini untuk memberikan kemudahan Samsat Care hadir memberikan pelayanan.

Samsat Care, adalah program memudahkan wajib pajak, tanpa harus mendatangi kantor samsat untuk Anda, yang memiliki waktu terbatas atau sedang sakit, dan akan membayarkan pajak. Untuk sementara layanan ini hanya mencakup wilayah Makassar.

Inline Ad

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto Tanaranggina, mengungkapkan, Samsat Care dibuat untuk memudahkanqq wajib pajak yang sakit atau sibuk sehingga tidak dapat membayar pajak di kantor samsat. Dalam lima menit pelayanan dijamin akan selesai.

Ia menyebutkan untuk mendapatkan layanan yang telah ada sejak tahun lalu ini cukup mudah. Wajib pajak cukup menghubungi operator dengan nomor 082191763377 atau 081242066142 (Wachdiar Hidayat). Selanjutnya operator melakukan verifikasi data kendaraan bermotor kemudian menginformasikan kepada wajib pajak jumlah pajak yang harus dilunasi.

Baca Juga:  Pemprov Sulsel Akan Bahas Pemanfaatan Tiga Aset

“Jika wajib pajak setuju atas pajak terutang, selanjutnya operator menghubungi petugas Samsat Care untuk segera menuju ke tempat wajib pajak,”kata Tautoto, Rabu (3/5/2017)

Ia mengatakan, nantinya petugas yang datang dengan menggunakan atribut khusus sebagai penanda bahwa mereka bertugas untuk Samsat Care, “petugas yang datang itu ada dua orang, di sana mereka
melakukan pendaftaran kendaraan, selanjutnya menerima pembayaran PNBP kepolisian, pajak kendaraan, dan SWDKLLJ, ” terang Tautoto.

Lebih lanjut, Tautoto menambahkan petugas akan mencetak surat ketetapan wajib pajak (SKPD) bukti pelunasan PNBP, pajak kendaraan, dan SWDKLLJ. Kemudian ditempeli stiker dan pengesahan dari kepolisian.

Baca Juga:  Tautoto Sebut Pemuda Miliki Peran Jaga Keutuhan Bangsa

Selain Samsat Care, Ia menyebutkan pihaknya juga memberikan pelayanan serupa bernama Samsat Delivery. Pelayanan Samsat Delivery diawali dengan menjemput berkas wajib pajak kemudian dibawa ke samsat dan dikembalikan kepada wajib pajak.

“Tidak ada batasan jumlah pajak yang dapat dilayani oleh Samsat Care dan Samsat Delivery. Yang jelas jika wajib pajak menelepon, petugas akan langsung datang,” ujar mantan Pelaksana tugas Bupati Toraja Utara dan Soppeng

Kontribusi layanan samsat unggulan seperti Samsat Care/delivery, drive thru, dan epaymant (via Bank Sulselbar) terhadap pendapatan PKB tahunan Bapenda Sulsel sebesar 6,80 persen dengan nilai Rp 16.757.993.725.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad