Basuki Bakal Pangkas Jabatan Eselon IV Bulan Depan

Top Ad

INIPASTI.COM, JAKARTA – Sebanyak 346.000 pemegang jabatan eselon IV di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akan dipangkas bulan depan. Nantinya, 346.000 pemegang jabatan eselon IV tersebut akan dialihkan ke jabatan fungsional.

Rinciannya, 1.300 orang bekerja di kantor pusat Kementerian PUPR. Dari total 346.000 tersebut sudah termasuk pejabat di pusat dan daerah.

“Eselon 4 kita ada eksisting sekitar 1.300, kalau nasional itu sekitar 346.000. Itu akan jadi fungsional,” kata Menteri PUPR di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Basuki menegaskan, pekerjaan pejabat eselon IV tersebut akan disesuaikan dengan bidangnya atau di divisi yang sama, sehingga bukan dihentikan masa kerjanya.

“Itu akan dijadikan jabatan fungsional. Dialihkan di tempat yang sama, bukan di-PHK. No. Ini menjadikan pejabat struktural menjadi fungsional yang berdasarkan pada keahliannya,” jelas Basuki.

Menambahkan keterangan Basuki, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menjelaskan bahwa pemangkasan ini tak akan mengubah besaran gaji. Besaran gaji tetap disesuaikan dengan golongan.

“Tidak (berubah), kan kalau gaji mengikuti grade (golongan). Kan ada 1-20 grade nya. Kalau fungsional mungkin di grade 8-10, eselon IV itu. Jadi nggak mengubah penghasilan, take home pay, kan Pak Mensesneg juga sudah menyampaikan hal itu. Jadi hanya jabatan yang dihilangkan, struktural, tapi kan fungsional tetap,” tutur Endra.

Baca Juga:  Calon Menteri Tetty Paruntu kandas di tangan Airlangga Hartarto?

Adapun tujuan untuk memangkas eselon IV ini yakni untuk menyederhanakan birokrasi, atau pengambilan keputusan.

“(Efisiensi) pengambilan keputusan, jadi untuk memangkas birokrasi harus turun dulu ke bawah kemudian naik kembali. Nanti di eselon III langsung proses naik ke II, I lalu selesai, jadi nggak seperti tangga,” tutup Endra.

Sebelumnya, Basuki menuturkan, pemangkasan tersebut ditargetkan selesai pada bulan Desember 2019.

“Untuk penyederhanaan birokrasi ini kami paling duluan berkoordinasi dengan MenPan-RB, target kami Desember sudah selesai,” tutur Basuki dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi V DPR RI, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Tjahjo Kumolo untuk memangkas eselon IV.

Basuki menuturkan, pemangkasan tersebut ditargetkan selesai pada bulan Desember 2019.

“Untuk penyederhanaan birokrasi ini kami paling duluan berkoordinasi dengan MenPan-RB, target kami Desember sudah selesai,” tutur Basuki dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi V DPR RI, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Baca Juga:  Jokowi Minta Pendidikan Kebencanaan Dimulai Akhir Bulan

Sedangkan, untuk eselon III, pihaknya masih menyusun kebutuhan di dalam Kementeriannya. Dalam waktu dekat ini pihaknya memang baru akan memangkas eselon IV, sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kabinet kemarin.

Namun, ia juga menargetkan kebutuhan eselon III di Kementeriannya akan diselesaikan bulan Desember ini. Sehingga, ke depannya pihaknya tau eselon III bagian apa yang perlu dipangkas atau tidak.

“Presiden kemarin menyampaikan dalam rapat kabinet, eselon IV harus lebih dulu. Eselon III kita masih berargumentasi mana yang perlu dan tidak. Itu semua harus selesai di Desember ini, karena kalau tidak kita menghambat pelaksanaan di lapangan,” jelas Basuki.

Sebagai informasi, dalam rapat terbatas Kabinet Indonesia maju kemarin, Jokowi berkeinginan rencana pangkas pejabat eselon di setiap kementerian/lembaga harus segera terlaksana. Hal itu diungkapkannya saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai program cipta lapangan kerja di kantor Presiden, Jakarta Pusat.

Jokowi meminta kepada Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo untuk melaksanakan pemangkasan jabatan eselon IV terlebih dahulu. Saat ini terdapat eselon I, eselon II, eselon III, dan eselon IV.

Baca Juga:  Jokowi Minta Pendukungnya Berani Lawan Hoaks

“Saya kira di Kementerian PAN-RB sudah menyiapkan yang nanti akan memangkas pertama mungkin eselon IV terlebih dahulu di tiap kementerian meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya,” kata Jokowi di kantor Presiden, Jakarta (bs/syakhruddin)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.