BBC Earth Paparkan Lima Fakta Mengejutkan Cacing Tanah

Cacing tanah raksasa Gippsland dari Australia. BBC Earth menemukan lima fakta mengejutkan dari cacing tanah. (Foto: blickwinkel / Alamy)

INIPASTI.COM, INGGRIS – Mendengar kata cacing tanah, beberapa orang akan merasa jijik atau geli. Tapi tahukah anda, bahwa cacing tanah menyimpan sejumlah misteri?

Cacing tanah ternyata mampu melakukan prestasi rekayasa yang sempat menciptakan kebingungan kepada ilmuwan selama beberapa dekade. BBC Earth melaporkan, Jumat (4/11), seekor cacing tanah yang dinamakan Dave, telah menarik perhatian publik Inggris pekan ini. Hal itu terjadi lantaran ukuran Dave yang tak biasa. Setelah diukur, Dave memiliki panjang 40 cm, yang membuatnya menjadi  cacing tanah terpanjang yang tercatat di Inggris.

Inline Ad

Selain itu, BBC Earth juga merangkum lima fakta mengejutkan tentang cacing tanah. Apa saja?

Cacing tanah semakin banyak, jauh lebih besar

Dave, cacing tanah yang mungkin membuat Inggris terkesan , termasuk para peneliti yang mengukurnya di Museum Sejarah Alam di London.  Tapi dengan ukuran 40cm, sebenarnya Dave masih kecil jika dibandingkan dengan cacing tanah di belahan dunia lainnya. Ada beberapa spesies yang tumbuh mencapai panjang lebih dari 3 kaki (1 meter). Mengetahui ukuran cacing tanah ternyata sulit. karena tubuh lunak mereka secara natural memanjang dan mengkerut, dan dengan mudah spesimen ini sengaja meregangkan tubuhnya.

Cacing tanah terbesar di dunia mungkin adalah cacing tanah raksasa Gippsland dari Australia (Megascolides australis), spesies langka yang ditemukan hanya pada lima lokasi. Menurut Encyclopedia of Endangered Species, tiap cacing bisa mencapai panjang 6.6 kaki (2m), dengan diameter 4cm. Spesies lainnya, cacing tanah raksasa Afrika (Microchaetus rappi), juga dilaporkan mencapai panjang 6.6 kaki lebih (2m).

Baca Juga:  Penarikan Uang Tunai tanpa Kartu Perlu Banyak ATM

Cacing tanah raksasa membuat gundukan misterius

Cacing tanah terkenal karena sering bergeser dalam tanah. Tapi di Amerika Selatan, satu spesies telah diidentifikasi sebagai pencipta seri indah dan misterius dari gundukan.

The Surales adalah pemandangan dari gundukan hijau dan lubang yang dalam, yang dibentuk dalam pola rumit dan teratur. Mereka menjangkau banyak kilometer persegi, namun gundukan membingungkan ini dibangun oleh cacing tanah yang tumbuh lebih dari 3 kaki  panjangnya (1m).

Walaupun cara cacing tanah membangun gundukan aneh. Selama beberapa dekade, Cacing Andiorrhinus telah terjebak dengan kebiasaan makan yang kaku. Mereka makan di lubang banjir, dan selalu membuang kotoran di tempat yang sama.

Seiring waktu, kotoran mereka terakumulasi dalam gundukan besar hingga 16 kaki  (5 m) dengan kedalaman 7 kaki (2 m). Penemuan ini diterbitkan oleh para ilmuwan pada Mei 2016.

Cacing tanah memiliki seks yang epik

Ketika mereka berada dalam stamina seksual yang baik, cacing tanah akan bersama dengan spesiesnya yang lain, akan mudah mengalahkan. Cacing tanah secara umum akan bersetubuh lebih dari tiga jam pada satu waktu.

Penelitian di tahun 1997 menyebutkan, cacing tanah biasa melakukan kunjungan ke lubang cacing lain sampai 17 kali. Bahkan jika energi mereka cukup, mereka bisa melakukan persetubuhan antara 69-200 menit.

Baca Juga:  Ditemukan Embrio Hiu Langka dengan Dua Kepala

Rumit dalam pengasuhan anak

Cacing tanah adalah hermafrodit, yaitu masing-masing individu memiliki kedua organ seksual pria dan wanita. Ketika mereka kawin, mereka bersaing untuk inseminasi yang lain dengan sperma, dan sel telur yang lain. Bisa jadi, Dave si cacing tanah raksasa berasal dari ayah dan ibu keturunan yang berbeda, karena melewati setengah gen masing-masing.

Pada tahun 2013, ilmuwan melakukan tes paternitas yang pertama pada cacing tanah. Mereka menemukan bahwa cacing tanah sering memiliki banyak pasangan, tapi anak mereka kemungkinan berasal dari sperma cacing tanah pertama atau cacing tanah ketiga.

Alat kelamin dari beberapa cacing tanah Gunung Taiwan (Amynthas catenus) telah merosot. Sebaliknya, mereka mereproduksi melalui kelahiran perawan atau “partenogenesis”. Itu berarti mereka lulus 100% dari gen mereka untuk anak-anak mereka, menghasilkan klon dari diri mereka sendiri. Yang membuat mereka menjadi ibu dan ayah untuk masing-masing cacing bayi.

Seperti sapi, cacing tanah membentuk kawanan

Cacing tanah juga membuat keputusan kelompok. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada 2010, cacing tanah menggunakan sentuhan untuk berkomunikasi dan memengaruhi perilaku masing-masing.

Dengan demikian, cacing secara kolektif memutuskan untuk melakukan perjalanan ke arah yang sama sebagai bagian dari kawanan tunggal. Perilaku mencolok ditemukan dalam cacing tanah Eisenia Fetida. Pertama kalinya setiap cacing Annelida menunjukkan kalau mereka membentuk kawanan aktif.

Baca Juga:  Awak Stasiun Luar Angkasa Kembali, Selamat Datang di Bumi Pandemi

Penemuan ini menunjukkan bahwa cacing tanah adalah makhluk sosial, dan perilaku kelompok mereka mirip dengan menggiring atau swarming dari spesies lain. Jadi pada saat Anda mengambil cacing dan melemparkannya ke tumpukan kompos, ingat ini. Anda mungkin memisahkannya dari kawanannya.(*)

Baca juga : Ditemukan Embrio Hiu Langka dengan Dua Kepala

//

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.