Site icon Inipasti

Bersama UGM dan ITB, Unismuh Makassar Satu-satunya PTS Pemenang Hibah PKKM Kategori Liga I di Luar Pulau Jawa

Wakil Rektor II Unismuh Dr Andi Sukri Syamsuri (tengah) berdiskusi dengan salah satu reviewer Kemdikbud (kanan) di Jakarta beberapa waktu lalu

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Menjelang Hari Raya Idul Adha, civitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mendapat kabar gembira. Berdasarkan hasil seleksi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Unismuh Makassar menjadi satu-satunya kampus di LLDIKTI Wilayah IX yang berhasil lolos dan masuk ke dalam kategori Liga 1 penerima hibah PKKM.

Hasil seleksi itu tertuang dalam surat Dirjen Dikti nomor 544/E.E3/PM.00.03/2022, tertanggal 5 Juli 2022.

Kabar gembira tersebut diungkapkan Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda, di ruang kerjanya, Gedung Iqra Lantai 16, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Kamis, 7 Juli 2022.

Menurut Rakhim, sapaan akrab WR 1 Unismuh ini, PKKM bertujuan untuk meningkatkan mutu dengan memfasilitasi, mendorong, serta mempercepat perguruan tinggi dalam mencapai berbagai indikator kinerja utama.

“Mutu tersebut digunakan untuk mendorong transformasi di bidang pendidikan tinggi yang mencakup kualitas lulusan, kualitas dosen pengajar, dan kualitas dari kurikulum,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri menambahkan bahwa dalam program ini, ada 3 Unit di Unismuh memperoleh hibah tersebut, yakni Institusional Support System (ISS) MBKM Unismuh, Prodi Agribisnis, dan Prodi Teknik Elektro.

Khusus Program ISS MBKM, lanjutnya, merupakan program yang mendukung program MBKM dan memfasilitasi mahasiswa internal dan luar perguruan tinggi yang mengambil program pertukaran mahasiswa di Unismuh Makassar.

Bersaing di Liga 1

Dalam kompetisi ini, Unismuh Makassar masuk dalam kategori liga 1. Dalam kategori ini, Unismuh memeroleh hibah Bersama dengan beberapa kampus terkemuka di Indonesia, antara lain Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bahkan di Liga 1, Unismuh Makassar merupakan satu-satunya perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah IX. Tidak ada satupun PTN dan PTS di Sulawesi yang mendapat hibah serupa.

Merujuk pada panduan PKKM tahun 2022, perguruan tinggi Liga-1 diharapkan telah memiliki landasan yang kuat untuk melakukan loncatan aksi dalam melakukan transformasi perguruan tinggi pada level internasional.

“PKKM Liga I diharapkan mempercepat program studi untuk mencapai kinerja yang diakui di tingkat internasional. Perguruan tinggi juga didorong bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang lebih mandiri dan sehat serta memiliki keunggulan pada pendidikan, penelitian, atau pengabdian pada masyarakat, sesuai dengan diferensiasi misi yang dimilikinya” demikian bunyi panduan tersebut.

Meskipun Unismuh satu-satunya penerima Hibah di Liga 1, beberapa kampus lainnya juga merupakan penerima hibah di Liga 3, antara lain Universitas Muhammadiyah Parepare, Universitas Muhammadiyah Sinjai, Universitas Muhammadiyah Enrekang dan Universitas Fajar.

Exit mobile version