Bertemu Gubernur Sulsel, Kepala BPPW Bahas Persiapan Pembangunan SPAM Mamminasata

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan, Ahmad Asiri bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, membahas tentang kelanjutan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Mamminasata, yang rencananya mulai dibangun tahun ini.

Inline Ad

Dalam pertemuan tersebut, Ahmad Asiri mengaku membahas rencana Pengerjaan  fisik dari Spam Mamminasata, dimana akan mulai dilakukan lelang pengerjaan fisiknya, dan ditargetkam pembangunan dimulai sekitar September atau Oktober.

“Kami hanya mengkoordinasikan , bahwa SPAM Mamminasata sudah siap dibangun, dan meminta bersiap-siap dengan pekerjaan masing-masing, untuk beban APBN balai akan membangun  jaringan distribusi utama sepanjang 38,9 KM APBN , APBD 29,2 KM sehingga  total panjang jaringan distribusi utama ini ada sekitar 68, 2 KM,” sebut Asiri, pada inipasti.com Rabu (22/6)

Asiri menyebutkan, untuk pengerjaan fisik di awal, sedang me nunggu izin perpanjangan pengerjaan proyeknya.

“Kami tunggu izinnya dulu, setelah itu baru kemudian di lakukan lelang, sekitar dua atau tiga bulan,karena harus menunggu persetujuan Menteri PU, (Basuki Hadimuljono, red). Jadi penetapan nanti dilakukan oleh pak  menteri, harapannya kami akhir september awal oktober kalau ini berjalan normal, akan dimulai,” jelasnya .

Asiri menyebutkan pengerjaan fisik memang ditargetkan pada 2022 ini, sedangkan target penyelesaian dilakukan pada 2024 semester awal.

“Kami harap pengerjaan fisiknya, itu bisa bersamaan  karena masing-masing, ada pembagiannya 
sehingga harapannya setelah instalasi pengolahan berfungsi itu sudah bisa dimanfaatkan air baku nya,” ujarnya

Sebenarnya, Asiri menyebutkan yang terpenting adalah kesiapan pemerintah kabupaten dan kota
, untuk membangun offtaker  sekaligus sambungan rumah dalam rangka pelayanan, ” Jadi harus simultan ini, kami hanya APBN bekerja membuat instalasi pengolahan tapi harapan simultan bareng paralel. Sehingga keberfungsiannya segera saya kira itu yang paling penting,”

Lebih jauh , Ia menyebutkan pembangunan yang akan dilakukan dan menjadi tanggung jawabnya adala pembangunan instalasi pengolahan air minumn, kemudian jaringan distribusi utama.

Seperti diketahui SPAM ini akan dibangun di SombaOpu Gowa. Diketahui, SPAM Maminasata ini dirancang untuk dapat mengalirkan air baku sebanyak 1000 liter per detik, dan dapat memenuhi kebutuhan air di kawasan Maminasata

Pada tahun 2021 telah dilakukan kesepakatan terkait pembangunan SPAM Mamminasata ini, dimana meliputi empat daerah yaitu Makassar, Maros, Gowa dan Takalar.

(Iin Nurfahraeni)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.