Site icon Inipasti

Buka Rakernas APPSI, Mendagri Ingatkan Jaga Keamanan Selama Pilkada

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo usai membuka Rakernas APPSI 2018, bersalaman dengan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (FOTO/Istimewa)

INIPASTI.COM, BANDUNG – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di The Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/2/2018)

Rakernas kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah, yang dilaksanakan sejak Rabu-Jumat, 21 hingga 23 Februari mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada Kepala Daerah agar menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

“Saya mengingatkan agar kepala daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pilkada serentak,” kata Tjahjo Kumolo.

Untuk itu, Ia menyatakan perlunya konsolidasi semua pihak untuk menjaga Pilkada tetap aman dan berjalan dengan tertib, bahkan dirinya sempat menyebutkan jadwal rawan konflik mulai bulan Juni, Juli hingga Agustus.

Selain itu, Mendagri juga meminta kepada para kepala daerah agar mencermati isu-isu atau gejala-gejala yang bisa timbul yang dapat menganggu ketertiban dan keamanan jelang Pilkada.

Seperti diberitakan sebelumnya, menjelang pembukaan Rakernas APPSI 2018, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyempatkan mengchek semua persiapan penyelenggara, termasuk stand-stand yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Adapun yang menjadi isu utama adalah penguatan ekonomi daerah dan tema yang diangkat yaitu “Kerja Sama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional.” Seluruh gubernur maupun penjabat sementara gubernur se-Indonesia dipastikan akan menghadiri acara tersebut.

Sementara itu, agenda Rakernas membahas topik penguatan kerjasama ekonomi antara provinsi. Sejumlah, Menteri Kabinet Kerja, juga akan hadir diantaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan memaparkan topik, “Penguatan pemerintah daerah dalam mendorong daerah untuk kemajuan dan stabilitas nasional”.

(Iin Nurfahraeni)

Exit mobile version