Catatan Ringan dari Widyawisata Lansia di Pantai Bira Bulukumba

Top Ad

INIPASTI.COM – Pelaksanaan Widyawisata Terapi Kenangan (WTK) yang dilaksanakan Pengurus Lembaga Lanjut Usia (LLI) Provinsi Sulawesi Selatan, Pimpinan HM. Sewang Thamal (Mantan Kadis Sosial Prov.Sulsel) pada eranya.

Didampingi H.Abidin Maenong, Ketua Kerukunan Pegawai Sosial (Kapesos) bersama Sekretarisnya Hj. Andi Yunita Irwan.P (Iyap) melakukan Widyawisata ke Pantai Bira Bulukumba, Selasa-Rabu, 21 s/d 22 Juni 2022.

Inline Ad

Kegiatan yang digagas, berkat kerjasama dengan Sentra Kegiatan Atensi (SKA) Gau Mabaji Bontomarannu Kab. Gowa, sekaligus merealisasikan kegiatan wisata dalam program “Posyandu Lansia Tahun 2022”

Dikatakan, bagi usia purnatugas, dibutuhkan selain olah raga dan pemeriksaan kesehatan yang rutin, juga sangat dibutuhkan kegiatan rekreasi.

Agar dapat melakukan aktifitas, berupa terapi kenangan masa lalu. Dengan demikian, akan merangsang kembali kenangan-kenangan indah, yang pernah dilalui, disaat masih dalam kondisi prima dan berada pada kedudukan puncak.

Adalah HM. Sewang Thamal, juga hadir di Pantai Bira bersama keluarga dan segenap anggota Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), sebanyak 65 orang yang menempati penginapan Pantai Bira Bulukumba, yang siapkan panitia dibawah koordinasi panitia, Nirmawati, Amirah Sambe dan H.Syakhruddin.DN

Sesuai agenda kegiatan, malam pertama di Pantai Bira, berlangsung acara penyambutan, Ketua LLI Kab. Bulukumba, H. Nawaling didampingi pengurus lainnya, Saharuddin Hasan, Daeng Parallu dan Bahar Aco.

LLI Bulukumba telah memberi dukungan kerjasama serta fasilitas akomodasi selama berada di Pantai Bira, bahkan Aco Bahar yang sekarang berprofesi sebagai advokat, setelah purnatugas dari Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba, mengajak untuk bersantap siang bersama, sebelum kembali ke Makassar.

Mereka adalah pemilik eks NIP 17000 yang bernaung dalam Departemen Sosial pada masa itu, sehingga hubungan emosional masih terikat erat, ungkap Nirmawati yang diparcayakans ebagai ketua panitia.

Perjalanan widyawisata kali ini, seakan memberi kenangan indah, teringat di kalangan peserta, saat masih menjabat di institusi sosial, dengan NIP 17000 kala itu, seakan hadir kembali dalam suasana yang santai, penuh canda ria dan kekeluargaan yang sangat tinggi.

Bahkan ada kesan, saat itu, kala pimpinan marah-marah kepada bawahan dimasa lalu, dan kami semua terdiam membisu.

DIkekinian, peserta widyawisata, merasakan masih ada perasaan, seakan menjabat dalam struktur organisasi pemerintahan.

Padahal , semuanya sudah purnatugas, sebagaimana sering diplesetkan orang, sekarang sudah menjadi “Lasykar tak berguna”

Dari catatan kecil perjalanan, Penulis mendapatkan kesan, bahwa ternyata rekreasi setelah purnatugas itu, sangat dibutuhkan, sekaligus mengenang, kenangan masa silam, yang terbuang sayang dan terpublish ulang.

Setelah olah raga pagi, lalu mandi di Pantai Bira dan berenang di laut lepas, bersama para jajaran mantan staf, seakan kenangan masa lalu, kembali terngiang.

Sementara pada hari ini, kami semua sudah purna tugas, itulah manfaat “Widyawisata Terapi Kenangan” yang digagas Sentra Kegiatan Atensi (SKA) Gau Mabaji Gowa, Bontomarannu Kab. Gowa.

Semoga dengan kegiatan “Widyawisata Terapi Kenangan (WTP)” bagi anggota LLI/Kapesos Sulawesi Selatan, dapat kembali membangun komitmen membesarkan organisasi LLI/Kapesos.

Bahwa dalam perjalanan karier, setiap pegawai negeri sipil/ aparatur sipil negara, akan berakhir dengan sendirinya, bilamana usia pensiun tiba.

Namun perjalanan berikutnya, pasca purnatugas adalah di organisasi Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) dan Kerukunan Pegawai Sosial (Kapesos), merupakan sarana yang tepat, untuk tetap hidup bahagia di usia senja.

Sebagaimana slogan peringatan Hari Lanjut Usia Indonesia tahun 2022 “ Lansia Sehat Indonesia Kuat”

Penulis H. Syakhruddin. DN

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.