CH.E.Fajar Sangkide : Dosen Jadi Media Transfer Ilmu, Teori dan Praktek

INIPASTI.COM, POSO – Impian masa kecil bagi Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Tentena (UNKRIT) Poso, CH.E.Fajar Sangkide, SE, MM, ingin menjadi seorang dokter.

Sosok dokter di masa tahun 1980-an di Poso dan sekitarnya masih sangat langka, sehingga terbetik dalam sanubarinya usai tamat SMA 1980, memilih mendaftar di Fakultas Kedokteran Unhas.

Inline Ad

Peminat calon mahasiswa memilih Fakultas Kedokteran Unhas di masa itu cukup tinggi mencapai 1500 orang, hasil test diumumkan namanya tidak lolos.

Pada tahun yang sama memilih test di UKIP Paulus Makasar, prodi teknik sipil, mengingat kala itu biaya perkuliahan pada studi teknik sipil relatif besar.

Sementara pendapatan orang tua sebagai pendeta Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), pas-pasan, maka rencana studi pada teknik sipil tidak lanjut dan memilih ikut tes pada D3 Akademi Akuntansi di YPUP Makassar sampai merampungkan studi pada kampus yang terletak di Jl. Andi Tonro Makassar ini.

Setelah merampungkan studi pada Akademi Akuntansi guna menambah ilmu dan praktek keterampilan kerja maka Fajar Sangkide melamar kerja dan diterima jadi karyawan di kantor Akuntan Publik Barata & Co Makasar, kemudian ke PT PT Astra International Tbk Cabang Makassar dan beberapa perusahaan swasta lainya.

Pada tahun 2008, GKST merintis pembukaan perguruan tinggi swasta bernama Universitas Kristen Tentena.

Di masa masa awal rencana pembukaan perguruan tinggi itu, sebagai anak pendeta GKST, terpanggil untuk mengabdi di daerah sesuai dengan kompetensi dan pengalaman

Maka untuk mempersiapkan diri secara akademik dan keterampilan dalam mengelola perguruan tinggi maka jenjang pendidikan dilanjutkan dengan memilih lanjut S1 di STIE Wira Bakti Makassar dan S2 Management di PPs-STIE YPUP Makassar. Melanjutkan jenjang pendidikan dijalani dengan kuliah sambil kerja.

Sejak 2011 meninggalkan kerja di perusahaan dan memilih jadi dosen di UNKRIT, kampus yang berada di Kecamatan Tentena wilayah Kabupaten Poso.

Hari-harinya dijalani dengan mengajar mahasiswa yang memilih Fakultas Ekonomi. Periode 2014-2016 diberi amanah jadi Wakil Dekan Fakultas Ekonomi. Sejak 2016 sampai saat ini menjabat selaku Dekan Ekonomi UNKRIT.

Pilihan menjadi dosen untuk melakukan transfer ilmu, teori dan praktek dengan tujuan hidup ini untuk sesama manusia, katanya. (yosafat/yahya).

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.