Site icon Inipasti

Dalam Rangka Sosialisasi PT SGN, Direktur Baru PTPN XIV Kunjungi Tiga Pabrik Gula

INIPASTI.COM – Makassar, Jumat 22 April 2022,PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV mengadakan sosialiasi PT Sinergi Gula Nusantara (SGN), perusahaan baru yang dibentuk dari pemisahan Pabrik Gula (PG) dengan anak usaha lainnya. Sosialisasi ini telah berlangsung di tiga PG milik PTPN XIV, giliran terakhir di PG Camming pada Kamis, (21/04).

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Baru PTPN XIV, Tio Handoko beserta jajarannya dari direksi. Beliau meninjau pertumbuhan tanaman tebu, sosialisasi terkait pengelolaan pabrik gula oleh PT SGN, serta diskusi bersama karyawan terkait potensi budidaya tebu dan operasional pabrik.

Dalam sambutannya, adanya PT SGN ini diupayakan membawa harapan adanya nilai tambah yang dihasilkan bagi pabrik gula, baik dari segi SDM, deviden, profit serta optimalisasi di setiap aset.

“Ayo kita persiapkan PG Camming sebaik baiknya, kita benahi tanaman, benahi pabrik, kita catat semua yang kita butuh, buat perencanaan sebaik mungkin,” Ungkapnya.

Ia memberi semangat, bahwa setiap karyawan PTPN harus berbangga karena mereka semua sangat dibutuhkan dan menjadi teladan bagi keluarganya. PTPN XIV ini bukan perusahaan main main, PTPN lain seperti di Kalimantan dan Sumatera misalnya memberi sumbangan terbesar ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebanyak 4,6 triliun.

“Potensi PTPN XIV luar biasa, kita memiliki 105.000 Ha aset yang belum dipotimalkan, dari yang saya lihat PG Camming saja dari 9000 Ha, 5000 Ha diantaranya belum optimal, semua itu sangat potensi untuk dikembangkan baik melalui pengelolaan sendiri ataupun Kerjasama,” Tambahnya.

Dalam diskusi, beberapa karyawan
berterima kasih atas dukungan dan kunjungan Bapak Direktur ke PG Camming, hanya saja disampaikan oleh salah satu karyawan bahwa timbul kekhawatiran PT SGN berpotensi membawa tenaga asing dan menggantikan tenaga kerja lokal, status sebagai pekerja terancam.

Hal tersebut kemudian ditanggapi dengan baik oleh Pak Tio, dengan memberi semangat dan terus mengupayakan agar keluarga besar PTPN XIV bisa lebih baik dan sejahtera, baik dengan naungan PTPN XIV ataupun beralih kelola menjadi PT SGN.

Exit mobile version