Daya Tarik Web Series yang Kian Diminati, Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

INIPASTI.COM, Likee hadirkan Likee Fakultas Drama, ajarkan generasi muda membuat web series dalam format video pendek

30 September 2020 – Web series atau serial pendek belakangan ini semakin digemari masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan teknologi yang membuat kecenderungan masyarakat terutama para pecinta film bergeser. Tak lagi hanya mengandalkan televisi, kini masyarakat banyak bergantung dengan internet untuk mencari berita dan hiburan, salah satunya adalah web series.

Inline Ad

Popularitas konten video berbasis internet yang dikemas dalam beberapa episode ini semakin terlihat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sampai saat ini masih belum menemui titik terang kapan akan berakhir. Para penikmat film yang biasanya secara rutin menikmati film di bioskop, kini memilih web series sebagai pilihan alternatif.

Faktor utama pemicu kepopuleran web series

Sebelum banyak disadari dan mendapatkan perhatian lebih oleh masyarakat luas, alasan yang membuat web series semakin bersinar tentu tak luput dari peranan para penciptanya. Mereka adalah orang-orang yang pertama kali melihat web series sebagai konten yang mampu membawa angin segar dan menciptakan peluang baru. Web series memungkinkan para konten kreator atau yang biasa dikenal sebagai produser dalam konteks film untuk selalu berkarya tanpa perlu khawatir dan merasa dibatasi di masa yang penuh ketidakpastian seperti saat ini.

Lalu, apa sih yang mendasari para konten kreator mulai banyak memilih untuk membuat konten dalam format web series? Salah satu faktor yang menjadi penentu utama adalah budget. Tak dapat dipungkiri, mengemas suatu cerita dalam konten berbasis video tentu membutuhkan berbagai persiapan. Mulai dari pembuatan cerita, penyediaan alat teknis, pelaksanaan syuting, hingga proses editing, tentu biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Dengan memproduksi web series, para produser dapat memangkas biaya yang harus dikeluarkan saat membuat serial TV atau film karena durasi yang lebih singkat.

Tak hanya budget, alur dan konflik suatu cerita juga menjadi faktor lain yang mendompleng kepopuleran web series. Seakan menjembatani keinginan yang tidak ditawarkan sinetron pada umumnya, web series cenderung memiliki alur cerita yang lebih to-the-point dengan alur yang lebih singkat sehingga para penonton dapat fokus terhadap cerita dan lebih dapat dinikmati dengan lebih mudah dan jelas. Hal ini juga kemudian menarik perhatian masyarakat yang hanya bisa meluangkan waktu di akhir pekan atau waktu-waktu tertentu. Dengan durasi yang lebih pendek, web series memungkinkan penonton untuk dapat menyelesaikan satu cerita yang terdiri dari beberapa episode dalam satu waktu.

Baca Juga:  HUT ke-67 Kalla Grup, Iqbal Suhaeb Makan Malam Bareng Jusuf Kalla

Selain itu, faktor lain yang turut memengaruhi adalah saluran distribusi (distribution channel) atau platform yang digunakan untuk menampilkan hasil karya. Menghadirkan keleluasaan dalam hal penyajiannya, web series sangat flexible karena disuguhkan secara online. Sehingga, masyarakat dapat memilih untuk menonton web series melalui beragam platform berbeda seperti YouTube atau aplikasi streaming video online yaitu Netflix, Iflix, Hooq, VIU, dan masih banyak lagi. Bahkan, banyak juga web series yang tersedia dan dapat ditonton secara gratis. Oleh karena itu, tak heran jika web series kian naik daun.

Fakta web series yang tidak banyak disadari

Web series kian berkembang dan bahkan memungkinkan banyak pihak untuk menyuguhkan karyanya dengan menjajal berbagai platform lain yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya, salah satunya adalah media sosial. Kalau dipikir-pikir, bagaimana bisa film atau sinetron hadir di media sosial? Nyatanya, hal tersebut benar-benar terjadi loh! Banyak pihak termasuk berbagai brand yang mulai menyajikan konten web series secara eksklusif atau hanya tersedia di media sosial mereka seperti Facebook, Instagram, dan yang tidak boleh ketinggalan tentu platform pembuatan video pendek seperti Likee. Apakah kamu salah satu fans yang setia menantikan konten web series tertentu?

Dengan keleluasaan yang ditawarkan tersebut, web series membuka kesempatan baru bagi masyarakat untuk membagikan karyanya. Kini, tak hanya rumah produksi besar saja yang bisa membuat film, masyarakat yang memiliki passion di bidang perfilman juga bisa berkarya dan memulainya dari membuat konten web series di media sosial. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan dengan sedikit keberanian untuk mencoba, pengguna media sosial dapat membuat konten web series layaknya para profesional! Gimana caranya?

Baca Juga:  Boeing dikandangkan, Lion dan Garuda merugi

Likee Fakultas Drama: Kesempatan mengasah bakat para konten kreator

Melihat perubahan tren yang terjadi saat ini dan menyadari peluang baru bagi para konten kreator untuk berkembang, Likee menghadirkan Likee Fakultas Drama demi menginspirasi para pengguna untuk membuat web series yang menarik secara profesional. Berkolaborasi dengan Inpander Studio, Likee Faculty Drama membagikan berbagai tips bermanfaat yang terkait pembuatan konten, memfasilitasi para pengguna agar dapat memahami cara membuat video pendek yang menyampaikan suatu cerita dengan kemasan menarik.

Berlangsung hingga 27 Oktober 2020, Likee Fakultas Drama memberikan tutorial pembuatan web series bagi pengguna yang dibagi menjadi lima tema, yaitu:

  • Sesi 1: Cerita Cinta pada 22 September 2020
  • Sesi 2: Cerita Misteri pada 29 September 2020
  • Sesi 3: Cerita Jalanan pada 13 Oktober 2020
  • Sesi 4: Cerita Humor pada 20 Oktober 2020
  • Sesi 5: Plot Twist pada 27 Oktober 2020

Disajikan dalam format pembelajaran layaknya di kelas, Likee Fakultas Drama menyediakan berbagai mentor yang akan memberikan tips dan mengajarkan pengguna secara online sehingga dapat lebih mudah dimengerti.

“Sebagai platform yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menghadirkan inovasi, kami ingin menghadirkan solusi dengan membuka peluang baru bagi para pengguna untuk mengasah kreativitas dan membagikan karyanya ke level selanjutnya layaknya para profesional. Oleh karena itu, kami membuat Likee Fakultas Drama sebagai program edukasi di mana para pengguna akan dibimbing oleh para tutor berpengalaman untuk membuat video cerita pendek dari berbagai angle. Sejalan dengan tagline Likee yaitu ‘Saatnya Kamu Bersinar’, pengguna dapat mengeksplorasi bakat mereka dengan cara yang sederhana dan menyenangkan,“ Theon Hsu, Marketing Director of Likee Indonesia.

Pada 22 September 2020, Likee Fakultas Drama telah melangsungkan kelas yang menjadi bagian pertama yaitu dengan tema Cerita Cinta. Pada kelas pertama tersebut, Konten Kreator @PacarAngela_IPD menjadi mentor yang memandu sesi dan memberikan bimbingan professional serta tips perihal cara membuat video pendek yang bertema percintaan

Tidak hanya menginspirasi, di akhir acara, Likee Fakultas Drama juga memberikan pekerjaan rumah (PR) bagi pengguna untuk mengunggah video cerita cinta yang mereka buat dengan hashtag #lovedrama. Hal tersebut dilakukan untuk mengimbau pengguna untuk mempraktikkan tips yang sudah diajarkan oleh mentor di mana 30 video paling kreatif yang diunggah sebelum tanggal 29 September 2020 berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 4,4 juta Rupiah.

Baca Juga:  LP2M Unhas Melatih Usaha Pembuatan Mie dan Cendol Rumput Laut di Pinrang

Likee senantiasa memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan. Hal ini yang membawa Likee mendapatkan peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee mendapatkan posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee! 

Bagi pengguna atau masyarakat yang tertarik untuk berpartisipasi dalam Likee Fakultas Drama sesi berikutnya, pengguna hanya perlu melakukan reservasi menggunakan akun Likee-mu atau dengan melihat tautan ini. Tunggu apa lagi? Yuk daftar!

Unduh aplikasi Likee di App Store atau Google Play Store.  

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.