Dirut Pelindo IV Tegaskan MNP Perkuat Posisi TPM

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Setelah melakukan soft launching Makassar New Port, beberapa waktu lalu. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) saat ini sedang menunggu perizinan yang dikeluarkan untuk pengoperasioan MNP.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Farid Padang, mengatakan pihaknya akan mempercepat pengoperasian MNP begitu izin dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan, guna meminimalisir antrian di pelabuhan yang lama di Makassar, “kalau izin sudah keluar, akan segera beroperasi,”katanya

Ia pun  menegaskan kehadiran pelabuhan baru itu di Makassar bukan untuk mematikan atau melemahkan keberadaan Pelabuhan Makassar, utamanya TPM.

“Kehadiran MNP ini untuk memperkuat posisi TPM yang selama ini dikenal sebagai sebagai pelabuhan tempat bongkar muat dan ekspor impor barang terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI),”ujarnya

Baca Juga:  Pengusaha Australia Menjajaki Pembangunan Pelindo IV

Selain itu, Farid juga menampik bahwa dermaga MNP ini  hanya diperuntukkan bagi kapal milik perusahaan pelayaran asing. “Tentunya, MNP juga akan melayani kapal-kapal barang milik perusahaan pelayaran nasional, seperti yang selama ini dilakukan di TPM.”imbuhnya

Ketua DPC Asosiasi Pengusaha Kapal Indonesia (Indonesia National Shipowners Association/INSA) Makassar, Zulkifli Zahril mengungkapkan bahwa kehadiran MNP merupakan salah satu solusi yang bagus sekali.

Apalagi menurutnya, antrian kapal di TPM yang terjadi beberapa waktu belakangan ini membuat pengeluaran yang harus dirogoh dari dalam koceknya cukup membengkak. “Semoga Pelindo IV segera menemukan solusi atau kebijakan terbaik, agar bisa segera mengatasi permasalahan ini,” katanya.

Baca Juga:  Talkshow PES 2018 Hadirkan Ketua DPD Pengembang Indonesia

Sementara Ketua DPD Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sulselbar, Arief R. Pabettingi berterima kasih atas pembangunan MNP yang diinisiasi oleh PT Pelindo IV. Menurutnya, kecepatan dan pelayanan pelabuhan sangat menentukan ekspor Sulsel bisa diterima dengan cepat di negara tujuan.

Dia berharap dengan kehadiran MNP, pelayanan yang dilakukan Pelindo IV selama ini bisa meningkat lebih baik lagi.

Para stakeholder pelabuhan mengakui, setiap kejadian yang terjadi di pelabuhan utamanya di TPM, bukan sepenuhnya kesalahan Pelindo IV. Namun mereka berharap, selalu ada solusi terbaik dari setiap permasalahan yang terjadi.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.