Diskop-UKM Sulsel Akan Beri Penghargaan Untuk Wirausaha Baru

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sulsel Abdul Malik Faisal (Iin Nurfahraeni)

INIPASTI.COM, MAKASSAR –Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sulsel, akan memberikan penghargaan kepada Wirausaha Baru Desa yang selama 2017 ini telah dibina.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengungkapkan penghargaan ini diberikan kepada mereka yang dianggap mampu menunjukkan progresnya semenjak dilakukan diklat, pendampingan oleh fasilitator independen, di mana menyentuh 24 Kabupaten/kota

Baca Juga  Rp1,3 T Beras di KTI Dipasok dari Sulsel

“Penghargaan diberikan kepada 1.374 Kelompok Wirausaha Baru di semua sektor, baik itu perbengkelan, industri kreatif, retail tingkat desa maksudnya ini toko yang dibuka,” kata Malik, Minggu (31/12/2017)

Menurutnya, untuk mendapat penghargaan ini tentu berdasarkan penilaian yang telah dilakukan terutama penciptaan usaha baru, jadi mereka ini telah melalui proses pendidikan dan pelatihan yang diusulkan oleh Dinas Koperasi kabupaten/kota.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Pedagang Penuhi Jalan Bawakaraeng

“Pelatihannya ini berjalan sekitar satu sampai dua bulan setiap kelompok membuat proposal progres pelatihan mereka, serta peluangnya di masa depan inilah yang menjadi penilaian dari mereka,” terang Malik

Dari 3.147 wira usaha baru yang tahun ini diciptakan, Malik menyebutkan sebanyak 1.347 kelompok usaha akan dilakukan pendampingan lanjutan dan diberi bantuan permodalan, melanjutkan usaha mereka nantinya.

Baca Juga  SYL: Ramadan, Perekonomian Sulsel HarusTerus Menggeliat

Malik menambahkan, di tahun 2018 mereka nantinya akan dipertemukan dengan lembaga penyedia jasa keuangan atau perbankan untuk mengembangkan.usaha mereka, sampai nanti benar-benar mandiri dan tidak perlu dibantu lagi. (Iin Nurfahraeni)

Leave a Reply