Site icon Inipasti

Dosen FIKOM Beri Pelatihan Pemanfataan Teknologi Informasi

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Wilayah Negara Indonesia yang sebagian besar adalah pedesaan  membuat desa menjadi fokus utama dalam pembangunan pemerintah.

Untuk mewujudkan desa yang maju , tentulah harus ditopang  sistem informasi dan konsep E- Government menjadi pertimbangan utama bagi organisasi sektor publik.

Dalam mendukung pembangunan desa, institusi pendidikan seperti universitas harus berperan sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Seperti yang dilakukan, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang telah melaksanakan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi dalam masalah persuratan pada kantor desa. Kegiatan tersebut diketuai oleh Herman dan  Sugiarti  di Lembang Marinding Tana Toraja.

Lembang Marinding merupakan salah satu desa binaan UMI yang dulunya bernama Desa Kandora yang saat ini telah dimekarkan.
Kegiatan pelatihan dibuka oleh pelaksana tugas Kepala Lembang,  D.T. Bangapadang dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer UMI Purnawansyah  dan Tokoh Masyarakat Lembang Marinding.

Kepala Lembang,  D.T. Bangapadang mengatakan bahwa persuratan menggunakan aplikasi atau sistem sangat dibutuhkan, karena pelayanan administrasi paa kantor desa membutuhkan waktu yang lama apabila dikerjakan secara manual.

“Tentunya dengan menggunakan aplikasi akan lebih memudahkan lagi,” kata D.T Bangapadang

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Komputer Purnawansyah mengatakan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus diadakan secara berkesinambungan dan juga berpatokan pada kebutuhan masyarakat dan pemerintah Lembang Marinding.

(Iin Nurfahraeni)

Exit mobile version