Site icon Inipasti

Dosen FIKOM UMI Beri Pelatihan Tata Kelola Pengarsipan Surat Berbasis Web

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Perkembangan teknologi saat ini tak bisa dipungkiri, telah memberikan pengaruh cukup besar dalam aktifitas sehari-sehari. Salah satunya seperti  teknologi informasi
dalam pengelolaan pengarsipan surat.

Oleh karena itu, Dosen Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Periode Tahun 2021 di Kantor Lembang Marinding Tana Toraja.

Kegiatan PkM dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan tata kelola pengarsipan surat berbasis web.

Ketua Tim Dosen Pengabdi Sugiarti mengatakan bahwa pelatihan ini diberikan untuk membantu staf Lembang Marinding melakukan pengelolaan pengarsian surat dan pelayanan berbasis IT.

“Adanya media pengarsipan surat berbasis web diharapkan dapat menunjang pengelolaan pengarsipan surat secara digital sehingga kegiatan administrasi lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat“ kata Sugiarti

Ia mmenambahkan, dalam kegiatan tersebut para dosen pengabdi memberikan sosialisasi kemudian pelatihan terhadap staf Lembang Marinding dalam tata kelota pengarsipan surat, “termasuk juga para staf diberikan modul panduan penggunaan website sehingga menjadi acuan dalam mengelola website.” jelasnya

Pelatihan tata kelola pengarsipan surat dan pelayanan berbasis web diikuti oleh seluruh staf bersama Plt Kepala Lembang Marinding yang dilaksanakan di Kantor Lembang Marinding, Kabupaten Tana Toraja pada Hari Senin dan Selasa, tanggal 8-9 November 2021

Sementara itu, Syahrul Mubarak bertindak sebagai anggota dosen pengabdi menambahkan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi hasil penelitian dosen yang diharapkan dapat membantu masyarakat.

“Kami harapkan staf Lembang Marinding untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam aktivitas terkait pengelolaan arsip surat agar meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat,”

Sementara Plt Kepala Lembang Marinding Henrika Bangngapadang  menyambut baik dan berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan agar kerjasama antara pihak UMI dan desa binaan Lembang Marinding tetap terjalin dengan baik.

Selain itu pihak Lembang Marinding berharap  adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja staf lembang  dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja aparatur pemerintah di lembang Marinding,” ungkapnya, Tak lupa, juga ucapkan terima kasih kepada kelompok Dosen Pengabdi UMI Makassar.

(Iin Nurfahraeni)

Exit mobile version