DPM & PTSP Kejar Investasi Non Fasilitas Pemerintah

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulawesi Selatan, AM Yamin (Iin Nurfahraeni)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, AM Yamin mengakui selama ini dalam mencatat nilai investasi baik itu berasal dari Penanaman Modal Daerah (PMD) dan Penanaman Modal Asing (PMA), adalah mereka yang tercatat menggunakan fasilitas pemerintah dalam menanamkan modalnya.

Sehingga ketika terkadang, ada investasi yang tidak tercatat terutama yang berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masuk ke sini, “Kami menjadikan ini sebagai catatan, bahwa ada memang investasi yang tidak tercatat, terutama buat investor yang masuk tapi tidak menggunakan fasilitas non pemerintah, diantaranya masalah perizinan,” kata Yamin, Senin(7/5/2018)

Baca Juga:  Krisis Ekonomi di Turki, Tak Pengaruhi Investasi Sulsel

Untuk itu, Ia mengakui sedang mempersiapkan strategis khusus sehingga nantinya investasi yang sebelumnya tidak tercatat akan masuk didalamnya.

Sementara mengenai investor untuk proyek Kereta Api Trans Sulawesi, di mana Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kementerian Perhubungan telah membuka kesempatan pada investor yang tertarik, dan telah didapatkan 16 Investor yang berpeluang. Yamin mengakui, sampai saat ini belum mendapatkan laporan perihal investor ini.

“Belum ada informasinya, inikan kewenangannya berada di pusat. Makanya, kalau saya ditanya soal investor KA bukan kami tidak bisa memberitahu, tapi semua ada dipusat, karena ini ranahnya Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Lebih jauh, Ia menjelaskan terjadi perubahan skema pembiayaan yang awalnya menggunakan APBN ini kemudian menggandeng investor dengan sistem Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga:  Retail Diminta Laporkan Uang Kantong Berbayar

“Skema pembiayaan berubah, ini juga sudah melalui kajian, kalau sudah ada di pusat sisa menunggu saja realisasinya, dan menunggu untuk pemenang tendernya,” ujarnya

Mengenai peluang investor dalam negeri atau luar negeri, Yamin enggan menyebutkan, dan menyatakan siapapun yang menang tentu telah melewati persyaratan, dan tender yang berlangsung.
(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.