Site icon Inipasti

Eksekusi Sapi Qurban Menggunakan Kandang Bahagia

INIPASTI.COM – Sebuah terobosan baru yang ditempuh Pengurus Masjid Besar Al Abrar Jalan Sultan Alauddin No 82 Makassar, dalam proses penyembelihan hewan qurban tahun 2021 atau 10 Dzulhijjah 1442 H, bertepatan dengan penanggalan, Selasa 20 Juli 2021.

Sebanyak 15 ekor sapi dan tiga ekor kambing qurban akan memasuki “Kandang Bahagia” demikian kami namakan, kandang begal yang baru tahun ini digunakan, setelah menonton proses pemotongan sapi qurban melalui jaringan YouTube.

Atas kesepakatan pengurus maka diputuskan, tahun ini kita memakai “Kandang Bahagia” dalam mengakhiri masa hidup sapi qurban.

Pembuatnya adalah Muhammad Idris Dg Siriwa, salah seorang remaja masjid yang memiliki keterampilan dalam bidang las.

Proses pembuatannya dikerjakan di halaman rumah, DR Irsyad Samad sekaligus menjadi pengawas langsung dalam pembuatannya, sedangkan bahan materialnya disiapkan oleh DR.H.Purnomo Dg Bani.

Siang hari ini, sudah dibuatkan tiang penahan utama, di cor masuk pada kedalaman tanah yang diperkirakan sudah dapat menyangga sapi, bila masuk ke dalam kandang. posisinya berada di dekat pintu utama.

Dari proses awal, sapi akan memasuk “Kandang Bahagia” diiringi takbir, tahmid dan tasbih bersama jamaah. Lalu kepala sapi qurban di elus, dengan diiringi dzikir, sementara petugas mengikat kaki sapi satu persatu dengan perlahan-lahan, terakhir tali utama di bagian perut sapi.

Setelah semua yakin terikat dengan rapih, petugas lalu merebahkan potongan kandang, lalu dengan posisi sapi rebah, di tarik ke tempat penyembelihan dan darahnya langsung ke lobang sumur buatan, yang muaranya mengarah ke selokan utama di depan masjid.

Setelah berpisah nyawa dan jasadnya, sapi qurban di tarik lagi menuju ruang pencacahan di lantai II, disana sudah siap tenaga pencacah dengan kostum seragam, sehingga tidak semua orang bebas keluar masuk di lokasi itu.

Potongan kandang besi lalu kembali di pasang untuk sapi berikutnya. Dari hasil pengkajian dan pengalaman para jagal sapi qurban,

para penyelenggara berhasil menghemat waktu potong sekitar satu jam, dibanding dengan menggunakan pola manual dan memakai jasa manusia yang terkadang sapinya merontak-rontak bahkan ada yang lepas dan menjadi berita viral di setiap ajang Idul Adha setiap tahunnya.

Menurut ketua panitia qurban tahun 2021, Letkol (Purn) Dr H Poernomo Dg Bani, hanya pengurban yang bisa berada di lokasi pemotongan, sedangkan calon penerima daging qurban, akan diantarkan ke rumah masing-masing oleh Remaja Masjid Al Abrar, Jalan St. Alauddin No 82 Makassar.

Purnomo mengatakan, pihaknya tidak menggunakan kupon untuk penerima daging qurban, akan tetapi menggunakan basis data warga yang sudah terdaftar melalui panitia yang dikoordinir Suhardi Dg Rurung, S.Sos.

Dg Rurung sudah hafal tentang posisi dan lokasi rumah calon penerima daging qurban yang layak menerima termasuk panti asuhan yang telah mengajukan permintaan layanan daging qurban kepada panitia pelaksana (syakhruddin)

Exit mobile version