Fakultas Farmasi Unhas Menggelar Pengabdian Masyarakat di Panti Asuhan

INIPASTI.COM, Laboratorium Farmasi Klinik dan Kimia Farmasi Universitas Hasanuddin menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bertema “Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tengah Pandemi Covid-19”. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring di Lembaga Kesehatan Sosial Anak Panti Asuhan, Nurul Ichsan, Jalan Batua Raya, Sabtu (21/11).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Farmasi (Yulia Yusrini Djabir, MBMSc, MSi, Ph.D., Apt.) membuka acara pengabdian ini dengan memperkenalkan dosen, tenaga kependidikan serta asisten laboratorium.

Inline Ad

“Kegiatan pengabdian hari ini merupakan wujud nyata kontribusi Fakultas Farmasi Unhas kepada masyarakat. Sejak Maret 2020, Fakultas Farmasi terus memberikan manfaat kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujar Yulia.

Kepala Laboratorium Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Unhas (Muhammad Aswad, M.Si., Ph.D., Apt.), menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada adik-adik di panti asuhan agar senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah pandemi Covid-19. Disamping itu, adik-adik panti juga diedukasi pemanfaatan obat dengan cara yang benar.

Kegiatan ini dihadiri oleh semua anak panti asuhan sebanyak 35 orang, diawali dengan menonton video inspiratif. Harapannya memberikan semangat dan menumbuhkan harapan kepada adik-adik panti asuhan agar senantiasa bersemangat meraih masa depan yang lebih cerah.

Baca Juga:  86 Judul Penelitian Lolos, Rektor Unismuh Genjot Dosen Untuk Meneliti

Dosen Laboratorium Farmasi Klinik, Andi Anggraini, M.Far.Clin., Apt. memandu kegiatan. Suasana semakin semarak karena disediakan beberapa doorprize untuk anak panti asuhan.

Pemaparan materi diawali oleh Sumarheni, M.Sc., Apt., memberikan materi berjudul Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang) obat dengan baik dan benar.

“Apotek, toko obat berizin, rumah sakit atau puskesmas merupakan tempat resmi mendapatkan obat. Kita harus berhati-hati karena masih ditemukan obat palsu yang beredar di masyarakat. Apalagi di era pandemic covid, banyak yang mungkin mau membeli obat atau ramuan secara online, harus hati-hati. Lihat dengan baik penjualnya, apakah online store dari apotek resmi. Nah, ketika kita sudah mendapatkan obatnya, selanjutnya, dilakukan pemeriksaan kualitas dan penandaan pada kemasan obat” ujar Sumarheni

Materi selanjutnya oleh Anshar Saud, M.Farm., Apt., membawa materi berjudul “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di tengah Pandemi Covid-19”. Menurutnya, seluruh masyarakat diharapkan untuk ketat dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, makan makanan bergizi, rajin olahraga, dan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar.

Baca Juga:  Mutu Akademik: Puluhan Auditor Unismuh Makassar Ikuti Penyegaran

Kegiatan pengabdian hari ini diakhiri dengan penyerahan paket dari Laboratorium Farmasi Klinik dan Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Unhas kepada adik-adik Panti Asuhan Nurul Ichsan berupa sembako, vitamin, masker dan hand sanitizer buatan Fakultas Farmasi.

Kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh dosen, tendik dan segenap asisten Laboratorium Farmasi Klinik dan Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Unhas. Dosen yang hadir adalah: Drs Syaharuddin Kasim MSi Apt; Prof Dr Hj Asnah Marzuki MSi Apt; Yulia Yusrini Djabir MBMSc MSi PhD Apt; Dr Risfah Yulianty MSi Apt; Muhammad Aswad MSi PhD Apt; Anshar Saud MFarm Apt; Sumarheni MSc Apt; Suhartina MSi Apt; Andi Anggraini MFarClin Apt; Aminullah MPharmSc Apt.

Beberapa dosen Fakultas Farmasi Unhas yang menghadiri secara daring yaitu Usmar MSi Apt; Abdul Rahim MSi PhD Apt; Firzan Nainu MbiomedSc PhD Apt.

Suhartina Hamzah, M.Si., Apt., selaku ketua pelaksana sangat bersyukur kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dan lancar. Senada dengan perwakilan dari Panti Asuhan Nurul Ichsan, Ismawan sangat bersyukur dengan kegiatan ini yang bisa membantu meringankan beban anak-anak panti.

Baca Juga:  Unismuh Makassar Tuan Rumah Workshop Nasional FILBA II Tahun 2019

“Penyuluhan ini memberikan pengetahuan kepada kami agar lebih berperilaku hidup bersih dan sehat di tengah pandemi Covid-19. Kami berharap, kegiatan ini dilakukan berkelanjutan dalam mengunjungi adik-adik kami di panti asuhan.” ujar Ismawan.(*/mir)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.