FKG Unhas Gelar Virtual Internasional Symposium Hadirkan Narasumber dari Singapura

Top Ad

INIPASTI.COM, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin bersama PT. Gratia Jaya Mulya menyelenggarakan Virtual International Symposium Series #10 dengan tema: “Innovations in Aesthetic Composite Systems: A Restorative Update”.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan terhubung secara langsung di kanal youtube FKG Unhas, Senin (05/07).

Inline Ad

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Asis Sodhi selaku Product Manager at KaVo Kerr and Support the APAC Region in Management of Kerr Restorative & Endodontic Solutions Product Portfolio, Singapore.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya, Prof. Nasrum mengapresiasi syimposium FKG yang terus berlanjut hingga seri ke-10. Forum diskusi bertaraf internasional ini memberikan topik menarik yang saling berhubungan dari seri sebelumnya.

“Unhas selalu mendukung setiap kolaborasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, guna lebih memperkenalkan Unhas ke tingkat Internasional. Terlebih Unhas saat ini telah menduduki peringkat 79 di dunia dan posisi ke-10 Asia pada Time Higher Educatin (THE) Impact SDGs Ranking 2021,” jelas Prof. Nasrum.

Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Asis Sodhi yang membawakan materi Innovations in Aesthetic Composite Systems: A Restorative Update.

Dalam materinya, Dr. Asis menjelaskan tentang anatomi enamel dan dentin. Semua gigi, meskipun berbeda bentuknya, memiliki bagian anatomi yang sama. Selain memiliki fungsi yang sangat spesifik, setiap gigi memiliki lokasi tertentu dan memiliki bentuk tertentu yang membantu fungsinya.

“Enamel adalah zat yang menutupi mahkota anatomis gigi, merupakan zat yang paling keras di dalam tubuh dan nampak tembus pandang. Enamel memiliki ukuran yang terdiri dari 96% mineral, 1% protein/lipid, 3% water, dan bervolume 85% mineral, 3% protein/lipid dan 12% water,” urai Dr. Asis.

Sedangkan dentin adalah lapisan jaringan berpori yang keras, berwarna kuning muda, langsung di bawah email dan sementum. Dentin merupakan bagian terbesar dari gigi dan terdiri dari sekitar 70% mineral, 20% organic/collagen dan 10% water, memiliki volume 47% mineral, 33% organic/collagen dan 20% water.

Sebagai penutup, Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menuturkan meskipun dalam situasi pandemi, FKG Unhas berupaya optimal memaksimalkan berbagai program kerja yang telah direncanakan. Melalui symposium ini dapat menjadi wadah pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi bagi mahasiswa FKG secara umum dan Unhas secara umum.

Kegiatan yang dipandu oleh drg. Noor Hikmah, Sp.KG (K) selaku moderator diikuti kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita.(*/dhs)

Makassar, 5 Juli 2021

Kasubdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Ishaq Rahman, AMIPR

Bottom ad

Leave a Reply