Fraksi Golkar Tolak Usulan Pengadaan Helikopter oleh Pemprov Sulsel

Ketua panitia hak angket DPRD Sulsel, Kadir Halid.

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan usulkan pengadaan helikopter dalam Pagu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pokok 2020

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani mengatakan alasan diusulkan pengadaan helikopter melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) karena menjadi daftar kebutuhan.

Inline Ad

“Ya kita rencanakan 2020, inikan bukan daftar keinginan, tapi daftar kebutuhan, sangat urjen sekali untuk 24 Kabupaten Kota ini kita lakukan perecepatan terkait utamanya adalah bencana alam kemudian bencana sosial,” kata Abdul Hayat di Gedung DPRD Sulsel Selasa (17/9).

Ia menjelaskan, pengadaan helikopter ini agar pemerintah Provinsi tidak terlambat dalam hal penanggulangan bencana sehingga bisa akselerasi di bidang evakuasi.

Baca Juga:  Sumarsono Hadiri HUT Ke-10 Toraja Utara

“Kita fokus bagaimana caranya ada heli paling tidak satu di Sulsel ini yang setiap saat kita bisa gunakan,” tuturnya.

Untuk masalah pengaggaran, ia mengaku masih dalam tahapan pengkajian. Pemprov masih memikirkan apakah Helikopter tersebut dari Eropa atau Asia.

“Nanti kita lihat yang mana lebih, tentu kita cari yang bagus dan murah, itukan prinsip membeli, mau bagus dan murah. Inikan pengadaannya di Badan Penanggulangan Bencana,” katanya.

Usulan pemprov ini masih belum berjalan mulus, karena DPRD Sulsel menilai pengadaan helikopter belum terlalu dianggap penting.

Baca Juga:  Sumarsono Raih Life Time Achievment KDI 2018

Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel, Kadir Halid menuturkan, jauh lebih menghemat anggaran jika helikopter disewa daripada dibeli. Karena selain biaya operasional pilot dan tekhnisi tentu butuh biaya mantenance.

“Buat apa dibeli, lebih baik disewa saja kalau mau digunakan. Kalau dibeli tentunya akan menelan anggaran yang lebih banyak. Jadi menurut kami jauh lebih murah kalau sewa, dan juga tidak setiap saat dipakai,” pangkasnya.

(Muh. Seilessy)

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.