Inipasti.com

Furniture berbahan kertas ini diminati Millenial dalam dan luar negeri

INIPASTI.COM, Di era sekarang ini yang di dominasi oleh millennial dan pelaku bisnis yang lebih peduli lingkungan baik dari dalam dan luar Indonesia. Industri furniture dalam negeri pun semakin innovatif guna mengikuti perkembangan jaman dan mencari solusi akan keterbasan bahan baku utama nya yaitu Kayu. Untuk bisa bersaing dalam market international dan bisa tetap menjaga harga yang kompetitif maka Kertas berbentuk sarang lebah ini mulai digunakan semenjak beberapa tahun kebelakang.

Market Indonesia umum nya sangat konservatif dimana Pembeli dan pemasok pasar industri lokal masih sangat terpaku bahwa furniture yang bagus adalah furniture yang terbuat 100% dari kayu. Berkat Teknologi dan inovasi banyak furniture yang beredar di pasaran sekarang sudah terbuat dari kertas daur ulang yang ramah lingkungan. Furniture yang terbuat dari kertas ini pun sangat kuat dan dari sisi harga terbilang lebih murah. Untuk pengiriman atau perakitan pun lebih mudah karena jauh lebih ringan. Nilai tambahan diluar itu semua adalah tidak perlu penebangan hutan lagi untuk mendapatkan supply Kayu. Semua material nya merupakan bahan daur ulang

Bagi yang sudah pernah mampir ke toko furniture yang di dominasi oleh warna biru dan kuning, mayoritas semua furniture panel nya adalah bahan dari kertas daur ulang yang di sebut Paper Honeycomb. Raksasa dalam industry tersebut menggunakan Paper Honeycomb pasti nya karena kepedulian nya terhadap lingkungan dan harga jual nya yang sangat bersaing, Hal ini bisa dilihat dari reaksi warga Indonesia dan antrian nya setiap hari ke toko furniture tersebut.

Paper honeycomb sendiri masih sangat baru di market Indonesia, banyak dari warga kita yang masih belum pernah mendengar walau di luar sana ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah, Dari situ PT Honicel Indonesia mendirikan pabrik di Tangerang Indonesia guna untuk mensupport industry furniture Indonesia, dimana Indonesia sudah terkenal menjadi exporter furniture di dunia. Honicel Indonesia selain memberikan supply dalam paper honeycomb ke dalam industry furniture, Honicel Indonesia juga mendorong dan mensupply paper packaging guna mengurangi pemakaian Styrofoam dalam pengiriman export dan dalam negeri. Selain dari harga yang tentu nya lebih murah, ini pun menaikan daya saing exportir Furniture dalam bersaing diluar sana.

Data dari Kadin Indonesia dan Kemendag pun menunjukan bahwa pertumbuhan export Indonesia dalam bidang furniture pun bertumbuh setiap tahun nya. Dengan ketat nya persaingan harga diluar sana, diharapkan para exportir furniture dengan ada nya Paper honeycomb dan paper packaging bisa memiliki nilai tambahan dan memberikan image yang lebih eco friendly sehingga bisa mendongkrak nilai export Indonesia.

Michael Bestari, Bestari.michael@gmail.com, 081290666850, PT Honicel Indonesia/ www.honicelindonesia.co.id

(Visited 1 times, 1 visits today)
Exit mobile version