Politisi Anti-Islam Belanda Hidupkan Kembali Lomba Kartun Karikatur Nabi Muhammad

Reuters, Sabtu 28 Desember 2019

INIPASTI.COM, AMSTERDAM – Anggota parlemen anti-Islam Belanda Geert Wilders mengungkapkan rencananya itu meskipun khawatir langkah itu dapat memicu tindak kekerasan.

Inline Ad

Politisi anti-Islam Belanda Geert Wilders telah menghidupkan kembali rencananya untuk mengadakan kontes atau lomba kartun karikatur Nabi Muhammad, lebih dari setahun setelah dia membatalkan acara seperti itu karena takut akan serangan di Belanda.

Dalam sebuah tweet di hari Sabtu malam, Wilders meminta orang-orang mengirim kartun Muhammad mereka.

“Kebebasan berbicara harus menang di atas kekerasan dan fatwa-fatwa Islam,” tulis pemimpin partai oposisi terbesar di parlemen Belanda itu.
Wilders membatalkan kontes serupa pada Agustus tahun lalu setelah polisi menangkap seorang pria yang mengancam akan membunuhnya karena rencananya itu.

Pada saat itu, rencana untuk mengadakan kontes mendorong demonstrasi besar-besaran di Pakistan, yang diorganisasi oleh partai Islam Tehreek-e-Labbaik, yang meminta negara-negara Islam untuk memutuskan semua hubungan dengan Belanda .

Gambar Nabi Muhammad secara tradisional dilarang dalam Islam. Karikatur dianggap oleh sebagian besar Muslim sebagai sangat ofensif.
Pada tahun 2005, surat kabar Denmark Jyllands-Posten menerbitkan kartun Muhammad yang memicu demonstrasi di seluruh dunia Muslim serta beberapa upaya untuk membunuh editor atau kartunisnya Kurt Westergaard.

Sepuluh tahun kemudian, di Paris, sepasang pria bersenjata menewaskan 12 orang di kantor majalah Charlie Hebdo , yang juga dikenal karena menerbitkan kartun satir tentang Muhammad.

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.