Gerakan Satu Nusa Gelar Penanaman Pohon Ketapang Bencana l

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Sabtu 21 November 2020 bertempat di Rumah Kanker Indonesia di Perintis Kemerdekaan VI Makassar, l Gerakan Satu Nusa bersama Yayasan Nusantara Jaya Filantropi berkolaborasi melaksanakan kegiatan penanam pohon ketapang kencana untuk memperingati Hari Pohon se-dunia, 21 November 2020.

Kegiatan peringatan hari pohon sedunia dilakukan sebagai upaya mengedukasi masyarakat perihal pentingnya menanam dan memelihara pohon, hal ini dikarenakan manfaat yang banyak dari pohon dan dapat di rasakan oleh manusia.

Inline Ad

Pohon tidak hanya berfungsi sebagai penghias pekarangan atau pelindung dari teriknya sinar matahari siang, pohon juga berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida lalu mengeluarkannya kembali menjadi oksigen yang kita hirup sehari-hari.

Oleh karena manfaat dan fungsinya itu, sudah sepatutnya masyarakat urban harus lebih peka terhadap kondisi pohon di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga:  Gempa Ambon Makan Korban Jiwa, Iqbal Suhaeb : Semoga Diberi Ketabahan  

Berdasarkan data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan indeks polusi udara (AQI) kota makassar cenderung fluktuatif di kisaran angka 21-32 AQI US, sekalipun masih dalam kadar yang sehat indek polusi Makassar cenderung mengalami kenaikan.

Jika melebihi 45 AQI US maka udara Kota Makassar sudah tidak sehat, tentunya hal ini harus lebih dulu di cegah dengan berbagai upaya salah satunya dengan menanam pohon.

“Penanaman yang kami lakukan bersama Yayasan Nusantara Jaya Filantropi adalah untuk memperingati hari pohon sedunia dan juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menanam dan memelihara pohon, dan alhamdulillah hari ini kami melakukan penanaman itu dengan melibatkan anak-anak dari Yayasan Rumah Kanker Indonesia” Kata Firda yang juga Koordinator Gerakan Satu Nusa Kota Makassar.

Rumah kanker Indonesia sendiri adalah salah satu yayasan yang bergerak pada bidang kesehatan dan sosial kemasyarakatan ini telah berdiri di Kota Makassar sejak tahun 2014 silam, dan menjadi rumah bagi para pengidap kanker yang mayoritas di antaranya adalah anak-anak.

Baca Juga:  Warga Kanada yang Terjebak di India Disuruh Membayar Tiket Pesawat Pulang $2.900

“Kami berterimakasih kepada teman-teman Satu Nusa atas kesempatannya bertemu dengan anak-anak di rumah kanker dan mengedukasi mereka tentang pentingnya menanam pohon.” Kata Nurul yang juga salah satu relawan di Rumah Kanker Indonesia.

Setelah melakukan kegiatan penanaman, Firda yang juga mahasiswi fakultas hukum universitas hasanuddin angkatan 2016 ini mengatakan bahwa “ini adalah hari pertama penanaman yang kemudian dilanjutkan besok hari pada lokasi yang berbeda, harapannya pohon yang di tanam dapat di jaga dan dirawat sehingga manfaat dan fungsi pohon bisa di rasakan. (fatih)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.