Gesits mengaspal, polusi udara berkurang

Top Ad

INIPASTI.COM, JAKARTA – Gesits adalah merek motor listrik buatan pabrikan lokal. Motor bertenaga setrum itu, sudah mulai bisa dipesan April lalu dan mulai didistribusikan pada Juli 2019.

Peraturan Presiden tentang kendaraan listrik sudah diresmikan. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, perlunya ada keberpihakan pemerintah dalam mendorong teknologi karya anak bangsa.

Namun, ia mengatakan penerapan itu juga masih perlu melihat kesiapan infrastruktur di daerah.

Baca Juga:  Kenali Manfaat Kacang Hijau Buat Kesehatan

Adapun penerapan itu kemungkinan dilakukan mula-mula di DKI Jakarta, lantaran daerah lain belum siap.

“Jakarta kan cuacanya parah dan 60 persen polusi di udara itu karena transportasi,” tutur Luhut.

Selanjutnya, perusahaan kendaraan listrik nasional adalah perusahaan penanaman modal dalam negeri yang dapat diberikan insentif fiskal tambahan yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara.

Serta insentif nonfiskal tambahan yang ditetapkan oleh menteri terkait, setelah mendapat masukan dari tim koordinasi percepatan program KBL berbasis baterai.

Perusahaan kendaraan listrik, merupakan perusahaan yang melakukan penelitian dan/atau inovasi teknologi industri KBL berbasis baterai di dalam negeri.

Baca Juga:  Menjajal Vespa Sprint S yang Makin Sporty?

“Saya lapor presiden, agar APBN tahun depan pembelian sepeda motor listrik itu, diwajibkan saja dari buatan Indonesia, Gesits atau apa itu,” ujar Luhut di Jakarta Convention Center Jakarta, Selasa (13/8/2019), bs/syakhruddin.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.