Site icon Inipasti

Golkar Berpotensi Raih Kursi Ketua DPRD 12 Daerah di Sulsel

Caleg DPR RI Muhammad Risman Pasigai.

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Partai Golkar menyebutkan akan mengusai 12 kursi ketua DPRD di Kabupaten/Kota se Sulsel. Jumlah ini turun dari Pileg 2014 lalu yang mampu kuasai 16 kursi ketua DPRD.

Juru bicara partai Golkar Sulsel, Muhammad Risman Pasigai (MRP) mengatakan ada sekitar 12 daerah yang berpotensi dimenangkan oleh Golkar di Pileg 2019 ini.

Seperti Maros yang sebelumnya hanya 4 kursi, Pileg kali diprediksi memperoleh 7 kursi. Pangkep diprediksi raih 9 kursi, Parepare 5 kursi, Pinrang dan Jeneponto 6 kursi.

Sementara Luwu Timur 7 kursi, Bone 9 kursi, Selayar 10 kursi, Soppeng diprediksi 12 kursi, Enrekang 6 kursi, Lutra 8 kursi, dan Tanah Toraja.

Menurut Risman alasan menurunnya jumlah kursi Golkar dari pileg sebelumnya karena dipengaruhi oleh sistem perhitungan perolehan kursi pada Pileg 2019 ini.

“Sistem Pileg yang tidak sesuai dengan sistem perhitungan perolehan kursi. Sementara Parlementary Treshold tidak berlaku sampai daerah,” ujarnya, Jumat 3 Mei 2019.

Ia membantah faktor utama menurunnya sejumlah kursi ini disebabkan karena Bupati bukan lagi dari partai Golkar, seperti Kabupaten Takalar yang didominasi oleh kursi PKS, begitu juga beberapa daerah lain.

“Hanya indikator kecil kalau itu,” kata Risman.

Sebelumnya partai NasDem juga mengklaim akan menguasai 6 kursi ketua DPRD di daerah yakni Sidrap, Barru, Pangkep, Torut, dan Palopo termasuk kota Makassar.

(Muh. Seilessy)

Exit mobile version