Golkar Terancam Pertahankan Kursi Ketua DPRD Sulsel di Pileg 2024

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Sejumlah partai politik bergerak merampungkan struktur dan mesin partai menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Termasuk mempersiapkan figur-figur yang bakal bertarung memperebutkan kursi di legislatif.

Perebutan kursi legislatif bakal seru, sebab partai Golkar yang selama ini berkuasa disebut bakal terancam mempertahankan kursi ketua DPRD Sulsel pada Pileg 2024 nanti.

Inline Ad

Direktur lembaga survei The Real Consultan, Muhammad Whiliadi mengatakan, saat ini ada enam hingga tujuh parpol yang berpotensi menyalip partai Golkar di posisi ketua DPRD Sulsel.

“Kalau kita liat dari hasil survei yang kita lakukan, ada Golakr, NasDem, Demokrat, Gerindra, PAN, PKS dan PKB yang tinggi di Sulsel. PKB ini agak melonjak,” kata Whiliadi, Jumat (17/9/2021).

Ia melanjutkan, jika ingin mempertahankan posisi Ketua DPRD Sulsel, Partai Golkar harus merubah strategi politiknya pada pileg 2024 mendatang.

“Kalau Golkar masih bisa mempertahankan posisinya itu sudah luar biasa, dalam artian kalau strategi yang digunakan begitu saja, ya bisa saja anjlok,” ujar Whiliadi.

Ia juga mengungkapkan bahwa, hasil survei dari lembaganya, Partai NasDem cukup mempuni, karena Ketuanya berbanding lurus elektoralnya dengan partainya.

“Begitu juga PAN dan PKB mereka berbanding lurus elektabilitasnya dengan ketua Partainya,” terang Whiliadi.

Olehnya itu kata dia, tujuh Parpol ini akan merebut pimpinan di DPRD Sulsel. Untuk itu kalau strategis Golkar hanya seperti itu, maka NasDem dan Demokrat akan merebut Pimpinan DPRD.

“Tapi jangan di pandang sebelah mata PKB, karena hasil surveinya itu cukup baik,” tegasnya.

Whiliadi mengaku lembaganya telah melakukan riset pada Agustus lalu. Namun ia enggan membeberkan hasil survei tersebut.” Itu hasil survei internal kami. Tapi saya belum bisa sebut persentasenya karena itu hanya untuk internal saja,” ucapnya.

Sekedar diketahui, survei dilakukan pada Agustus, menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of eror 4,8 dan jumlah responden 440 orang.

(Muh. Seilessy)

Bottom ad

Leave a Reply