GUMSB Virtual Unhas Bahas Kemudahan Islam di Segala Zaman dan Kondisi

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Untuk kali ini, Fakultas Kehutanan Unhas bertindak sebagai panitia penyelenggara. Agenda rutin setiap pekan ini berlangsung pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (24/11).

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Dr. A. Mujetahid, S.Hut., MP., menyampaikan terima kasih atas kepercayaan sebagai panitia penyelenggara dan apresiasi kepada para peserta yang mengikuti kegiatan. Menurutnya, kegiatan ini harus terus dilakukan karena memberikan banyak manfaat guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta membangun karakter insani yang cendekia dan dekat kepada Allah.

Inline Ad

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP. Dalam sambutannya, beliau menuturkan gerakan ini merupakan suatu wadah pengembangan ilmu pengetahuan dan wawasan serta menambah keimanan kepada sang pencipta. GUMSB hadir sebagai upaya untuk mendorong dan menciptakan sivitas akademika Unhas yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tapi juga cerdas secara rohani dengan mengisi iman dan taqwa pada Allah SWT.

Baca Juga:  Rakerwil 2017, Kopertis IX Sulawesi Bahas Isu Strategis Pendidikan Tinggi

Pada kesempatan yang sama, hadir sebagai narasumber untuk mengisi sesi ceramah islamiah yakni ust. Prof. M. Arifin Hamid, SH., MA., (Guru Besar Hukum Islam dan Ekonomi Syariah FH Unhas) yang menjelaskan materi terkait “Islam Itu Mudah dan Applicable Untuk Segala Zaman dan Kondisi”.

Baca Juga:  APTISI Turunkan Tim Acara Jalan Santai Kopertis IX

Prof Hamid menuturkan kemudahan Islam sesuai dengan Q.S Al-Baqarah ayat 185 yang menyebutkan bahwa Allah menghendaki kalian kemudahan dan tidak menghendaki kesulitan. Hal ini menunjukkan bahwa ajaran Islam tidak memberatkan ummatnya.

Sebagai rumah besar Allah, Islam merupakan ajaran yang paling universal dan natural serta tidak mengenal batas teritorial, etnis dan domografi serta mendahulukan kewajiban dari pada hak.

Kegiatan yang dipandu oleh Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Penanggung jawab GUMSB) selaku moderator dan diikuti kurang lebih 500 peserta berlangsung lancar hingga pukul 17.45 Wita.(*/mir)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.