Hampir Rampung 44 Km, Jalur KA Siap Uji Coba

Lokomotif Kereta Api Trans Sulawesi yang melintas di rel kereta api. DPM dan PTSP Sulsel, menyambut baik rencana Kemenhub mengandeng swasta dengan sistem KPBU (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Rencana uji coba jalur Kereta Api Trans Sulawesi, lintas Makassar – Parepare yang akan dilakukan pada Juli – Agustus mendatang masuk dalam tahap perampungan atau finishing.

“Saat ini sudah tahap finishing,”kata
Humas Pengembangan Perkeretaapian Sulawesi Selatan, Arinova, Kamis (20/6)

Ia menyebutkan, yang akan diuji coba yaitu 44 Km di Kabupaten Barru sesuai dengan target sebelumnya. “Uji coba akan dimulai dari desa pancana sampai desa palanro,”ujarnya

Sejauh ini, menurut Arinova pengerjaan jalur kereta api ini masih terus dikerjakan, dan lanjutan pembebasan lahan untuk Pangkep sampai Maros dalam proses sehingga belum mulai pengerjaan.

Baca Juga:  Penuhi Kebutuhan Para Millenials, Smartfren Luncurkan Produk Terbaru

“Kami masih melakukan tahap pengerjaan prasarananya untuk menyelesaikan target uji coba 44 Km. Sedangkan jalur Pangkep-Maros, masih proses pembebasan lahan sehingga belum ada konstruksi,” ujarnya

Terkait target pemanfaatan jalur Kereta Api,Arinova mengaku tergantung sarana yang disiapkan dari pusat, karena pihaknya hanya menyiapkan prasarana saja

Sebelumnya, dalam kunjungan pada Maret lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Kereta Api Trans Sulawesi, tahap I Makassar – Parepare sepanjang 104 Km akan rampung pada 2020 mendatang.

Nantinya, Kereta Api yang mulai dibangun pertama di Kabupaten Barru, dan akan terkoneksi ke Pangkep , Maros, Makassar dan kemudian Parepare akan melayani penumpang dan barang dimana target keseluruhan selesai pada 2023 nanti.

Baca Juga:  Diskop - UKM Sulsel Tunggu Persetujuan Kemenkop

Tahun depan, jalur Kereta Api yang ditarget selesai 104 Km, dari Barru terhubung ke pelabuhan Garongkong kemudian Pangkep-Maros tepatnya di Mandai. Yang kemudian akan dilanjutkan dari arah Palanro ke Parepare.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.