Harga Tiket Pesawat Tinggi dan Pengaruh Kunjungan Wisatawan

Suasana di Bandara Internasional Sultan Hasanudin, sejumlah wisatawan sedang mengantri di loket maskapai silk air (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir, memberi dampak terhadap sektor pariwisata yaitu menurunnya kunjungan wisatawan di beberapa daerah.

Pemerintah saat ini sedang mewacanakan untuk mengandeng maskapai asing masuk ke Indonesia, untuk menekan harga tiket pesawat yang cukup tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Denny Irawan, mengungkapkan ketika berbicara pariwisata pasti orang akan butuh biaya untuk itu, salah satu yang dibutuhkan oleh wisatawan adalah transportasi. Kalau antar pulau atau provinsi melalui jalur udara.

Sekarang ini, menurut Denny, kenaikan tiket pesawat telah memberikan dampak,”harga tiket pesawat yang naik inikan, tujuan domestik. Artinya, wisatawan luar tentu akan berpikir ketika akan berkunjung ke lokasi destinasi wisata lain, jika harus berpindah dari satu daerah ke daerah lain. Tapi kalau berkunjung dari negaranya ke satu tujuan tidak masalah,”katanya, saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Baca Juga:  Kemilau Ramadhan Bright Gas, Pertamina Beri Edukasi Masyarakat

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol , menjelaskan kenaikan tiket pesawat domestik yang cukup mahal, dibandingkan ke luar membuat masyarakat menyiasatinya. Namun, yang jelas dampaknya ini bukan hanya pengaruh pada kunjungan wisatawan tapi juga, hunian hotel dan sebagainya.

Terkait rencana pemerintah mengandeng maskapai asing, Denny menyebutkan berbicara parisiwata nilai harga tiketnya  tidak melihat bahwa ini maskapai asing atau dalam negeri karena ini mempengaruhi. Kalau terjadi penurunan tiket pesawat maka akan meningkatkan kunjungan, begitupun sebaliknya.

Baca Juga:  Universitas Islam Makassar Ikut Konferensi Internasional di Thailand

Namun, Denny menilai seharusnya kebijakannya yang diberikan untuk menghidupakan maskapai yang ada. Seharusnya, kebijakan ini ditujukan ke maskapai dalam negeri untuk menurunkan tiket pesawat misalnya insentif dan sebagainya. “Jangan sampai, dengan mengajak masuk maskapai asing justruk akan berdampak ke maskapai dalam negeri, misalnya collapse”ungkapnya

Denny pun berharap pemerintah segera mengambil kebijakan terkait dengan harga tiket pesawat ini sehingga dapat kembali normal, karena ini sangat berpengaruh untuk pariwisata.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.