Site icon Inipasti

HNSI Gowa Rencana Tabur 200 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Danau Mawang

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Danau Mawang Gowa kondisinya masih alami dengan luas kurang lebih 50 hektar, sistem masih terjaga keasriannya sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mas, mujair.

Demikian ditegaskan Ketua DPC, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab. Gowa Muh. Ayusal Salam, S.ST.Pi, MM, pada rapat pemantapan kegiatan digelar Senin 25 Juni 2022.

Dijelaskan, memulihkan sumberdaya ikan di Danau Mawang maka HNSI Gowa memprogramkan kegiatan Gerakan Peduli Danau Mawang dengan jenis kegiatan yaitu tabur benih ikan air tawar sebanyak 200 ribu benih ikan di Danau Mawang sebagai kegiatan restocking atau pengkayaan sumberdaya ikan atau penebaran benih ikan air tawar di danau Mawang.

Jadi restocking ini merupakan salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk di tebarkan di Danau Mawang yang saat ini mengalami kritis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatannya berlebihan yang dilakukan oleh nelayan penangkap, maupun pemancing ikan di sekitar Danau Mawang, sekaligus rembuk nelayan/ stokeholder Danau Mawang guna membahas tata pengelolaan yang berkelanjutan.

Lewat kegiatan ini maka potensi sumberdaya ikan di Danau Mawang dapat meningkat, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Setelah kegiatan ini, melalui HNSI Kabupaten Gowa bersama masyarakat sekitarnya termasuk kelompok Budidaya ikan, Nelayan Penangkap ikan, pemancing ikan, untuk lebih selektif dalam menangkap ikan, dengan memberikan kesempatan ikan-ikan yang kecil khususnya yang masih ukuran 2 jari dapat dilepas saat dipancing atau yang masuk di jaring, tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksanan Ikbar Dg Sitaba didampingi Sekertaris Panitia Bahtiar Abdullah dan pantia yang hadir mengatakan, demi lancarnya kegiatan maka dukungan dari pemerintah, tokoh masyarakat, stakeholder, pemerhati perikanan dan Nelayan sebagai mitra HNSI Kabupaten Gowa serta sangat kami Harapkan.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan Sabtu. 6 Agustus 2022 Di Danau Mawang, Kel. Romanglompoa- Bontomarannu akan ditebarkan benir sekitar 100.000- 200.000 ekor benih ikan nila dan ikan mas, yang akan dihadiri oleh masyarakat sekitar Danau Mawang bersama Pengurus HNSI Gowa dan Pemda Gowa, dalam hal ini Dinas perikanan & Dinas Pariwisata Gowa. ***

Exit mobile version